Lantik PW IKA Unair Kepri, Khofifah Sampaikan 3 Hal Penting untuk Alumni

Lantik PW IKA Unair Kepri, Khofifah Sampaikan 3 Hal Penting untuk Alumni

BATAM, BANGSAONLINE.com - Pengurus Wilayah Ikatan Keluarg Alumni (IKA) Unair Wilayah Kepulauan Riau resmi dikukuhkan Ketua Umum PP IKA Unair Khofifah Indar Parawansa di Balairung Sari BP Batam, Kamis (17/5/2024).

"Pesan saya agar jajaran pengurus yang mulai menjabat untuk berupaya keras memberikan kontribusi kepada almamater, bangsa dan juga negara. Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan. Pertama, betapa pentingnya politik gagasan. Ketika banyak orang saat ini sibuk mencari tahu siapa yang nanti mengomandani bidang apa, Rektor Unair Prof M Nasih dua hari yang lalu justru memaparkan gagasan brilliannya mendorong percepatan Indonesia Maju 2034," ujar Khofifah dalam sambutannya.

Gagasan yang dipaparkan Rektor Unair di Jakarta di antaranya bagaimana mendorong Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi di angka 9 persen di tahun 2034, menurunkan kemiskinan menjadi dua peraen, dan mendorong pendapatan perkapita masyarakat menjadi USD 13 ribu ketika saat ini masih hampir USD 5 ribu.

"Kita IKA Unair harus bisa menjadi pendorong terwujudnya hal tersebut. Kalau Batam sekarang pertumbuhan ekonominya sudah 7 persen, saya rasa mencapai 9 persen itu tinggal sedikit lagi," papar Khofifah.

Selain itu, Khofifah mendorong untuk berinovasi menggagas program strategis untuk peningkatan kualitas SDM Provinsi Kepri. Pasalnya, berdasarkan Global Competitiveness Index, Malaysia ada di rinking 27 dan Singapura ada di rangking 4. Sedangkan Indonesia ada di ringking 34.

"Kepri ini kan sangat dekat dengan Singapura maupun Malaysia. Agaknya PW bisa menginisiasi membangun internship atau shortcourse di dua negara tersebut demi mendorong daya saing kita. Karena pengembangan daya saing, inovasi, dan kapasitas merupakan keniscayaan yang harus kita hadapi," pungkas Khofifah. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO