Nurochman Siap Mundur dari Caleg DPRD Terpilih Hasil Pemilu untuk Maju Jadi Bacawali Kota Batu

Nurochman Siap Mundur dari Caleg DPRD Terpilih Hasil Pemilu untuk Maju Jadi Bacawali Kota Batu Nurochman (tengah pakai rompi) berpose bersama usai mendaftar Bacawali Kota Batu di kantor DPC PKB Jumat (21/6/2024).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC PKB Kota Batu, Nurochman menyatakan siap mundur dari caleg terpilih DPRD Kota Batu periode 2024-2029 Jumat (21/6/2024).

Hal ini harus dilakukannya karena Nurochman sudah mendapat rekom dari PKB dan siap mendaftar sebagai .

"Manakala ada anggota legislatif mencalonkan diri sebagai calon wali kota, maka yang bersangkutan wajib mengundurkan diri. Ini konsekuensi. Termasuk saya jika diberikan rekomendasi oleh DPP PKB, maka saya siap mundur dari anggota DPRD terpilih," ujar Nurochman.

Dijelaskan, aturan itu sudah tertuang dalam putusan MK Nomor 33/ PUU-XIII/2015 dan Pasal 7 ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. 

Pada pasal itu, tertulis bahwa: "Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Calon wakil Gubernur, Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota sebagaimana dimaksud pada ayat 1 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: "menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilihan".

Secara hitung-hitungan jika Nurochman tidak mengundurkan diri sebagai anggota dewan, sudah dipastikan ia akan menjadi Ketua DPRD Kota Batu karena PKB menang dalam Pileg 2024.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO