Spektakuler! Sebanyak 624 Santri Amanatul Ummah Lolos ke PTN Lewat SNBP dan SNBT

Spektakuler! Sebanyak 624 Santri Amanatul Ummah Lolos ke PTN Lewat SNBP dan SNBT Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, saat memberikan wejangan kepada para santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto, Jawa Timur. Foto: bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren Amanatul Ummah kembali mendominasi penerimaan calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kali ini sebanyak 624 santri diterima PTN lewat SNBP dan SNBT. Itu pun belum termasuk santri yang diterima lewat IKDIN, SPAN PTKIN dan perguruan tinggi luar negeri.

Prof Dr KH Asep Saifuddin Challim, MA kembali bersyukur. Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur itu tampak terharu. Betapa tidak. Tahun ini para santrinya kembali mendominasi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN).

Tak tanggung-tanggung. Sebanyak 624 santri Kiai Asep diterima di berbagai PTN seluruh Indonesia. Menurut data santri Amanatul Ummah yang diterima HARIAN BANGSA, mereka diterima di berbagai perguruan tinggi negeri terkemuka. Antara lain ITB, UI, UGM, Unair, ITS, UB, UIN dan perguruan tinggi negeri lainnya. Ini tentu prestasi spektakuler.

Jumlah besar itu belum termasuk santri yang diterima di perguruan tinggi luar negeri. Seperti di Mesir, Amerika Serikat, Maroko, China, Tunisia, Jepang, Rusia, Thailand, Jerman, Inggris, dan negara lainnya.

Menurut Kiai Asep, kalau di Universitas Al Azhar Mesir malah tanpa tes. “Karena Amanatul Ummah punya mu’adalah,” kata putra KH Abdul Chalim, salah seorang kiai pendiri NU dan pejuang kemerdekaan RI yang pada tahun 2023 ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Bahkan santri Amanatul Ummah ada yang diterima di tiga perguruan tinggi terkemuka sekaligus. Di Kanada. Namanya Muhammad Hasnan Aslam. Ia siswa Madrasah Aliyah Istimewa (MAI) Amanatul Ummah.

Hasnan diterima di Mechanical Engineering Mc Gill University, Civil Engineering University of Toronto dan juga di Aerospace Engineering Toronto Metropolitan University. Tapi ia memilih kuliah di Mc Gill University. Alasannya, Mc Gill University masuk 30 perguruan tinggi peringkat dunia dan banyak melahirkan ilmuwan besar. Dan yang penting lagi beasiswa full.

Sebelumnya, M A Gymnastiar Putra, santri Amanatul Ummah lebih spektakuler lagi. Ia juga berhasil diterima kampus di luar negeri. Yang menakjubkan ia diterima di 11 kampus sekaligus.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO