BPBD Jatim Launching Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana

BPBD Jatim Launching Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana Launching Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah melalui serangkaian proses rintisan dan tahapan, Jawa Timur akhirnya memiliki Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana (ULD PB). Dengan menggandeng Siapa Siaga (Program Patnership Australia), BPBD Jatim secara resmi melaunching dan menyosialisasikan ULD PB, Selasa (25/6/2024).

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra , Benny Sampirwanto; Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto; Direktur Pencegahan BNPB, Pangarso Suryotomo; Konjen Australia di Surabaya. Anthea Griffin; Team Leader Siap Siaga Indonesia, Lucy Dickinson; Koordinator Program Siap Siaga Jatim, Ancilla Bere, dan perwakilan sejumlah penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Benny menyatakan bahwa pembentukan ULD-PB ini merupakan wujud komitmen dalam upaya penanggulangan bencana secara menyeluruh. Yang mana, turut melibatkan kelompok disabilitas dalam setiap tahapannya.

"Kelompok disabilitas ini biasanya disebut kalangan rentan, ketika terjadi bencana tidak terfikirkan. Tetapi BPBD ternyata sudah ada ide. Ini program yang luar biasa," ujarnya.

Ia pun berharap, unit ini akan memberikan literasi, pendidikan dan penguatan kapasitas kepada penyandang disabilitas, jika terjadi bencana. Sebagaimana pengarusutamaan gender, sehingga ada kesetaraan terhadap penyandang disabilitas ini.

Konjen Australia saat memberikan sambutan dengan Bahasa Indonesia juga menyampaikan apresiasi kepada atas inisiatif peluncuran ULD-PB ini. Baginya, perhatian kepada kelompok disabilitas di Jatim saat ini merupakan wujud kepedulian yang luar biasa.

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, menyampaikan terima kasih atas dukungan Siap Siaga, yang merupakan partnership Pemerintah Australia dengan Indonesia, sehingga terwujud ULD-PB Jatim ini.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO