Bangkitkan Kejayaan Olahraga di Kabupaten Pasuruan, Habib Abu Bakar Assegaf Hidupkan Bangil Maraton

Bangkitkan Kejayaan Olahraga di Kabupaten Pasuruan, Habib Abu Bakar Assegaf Hidupkan Bangil Maraton Eks Manajer Persekabpas, Habib Abu Bakar Assegaf, saat memimpin rapat persiapan Bangil Maraton.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Eks Manajer Persekabpas, Habib Abu Bakar Assegaf, berupaya mengembalikan masa kejayaan olahraga di Kabupaten Pasuruan, dengan kembali mengadakan Bangil Maraton. 

"Dulu saat Bupati Dade Angga, Jusbakir, giat maraton itu aktif," kata pria yang akrab disapa Habib Bakar kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (11/7/2024).

Ia menjelaskan, atlet pelari 10.000 meter dan 5.000 meter dari Kabupaten Pasuruan pernah mewarnai PON IX, dan menyumbang 2 medali emas mewakili Jawa Timur dalam ajang yang digelar di Jakarta pada 1977. Ia adalah Amang Mulachela.

Atlet kelahiran 1953 itu berasal dari Desa Plumbon, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sehingga, Habib Bakar mengambil pelajaran bahwa atlet di Kabupaten Pasuruan saat ini jarang, dan dengan diaktifkan Bangil Maraton diharapkan mampu mencetak atlet pelari yang lebih banyak dan berprestasi.

"Semoga dengan upaya nanti ini, kami bisa mencetak Amang-amang milenial yang lebih banyak lagi," ucapnya.

Rencananya, lanjut Habib Bakar, Bangil Maraton akan diselenggarakan pada 8 September 2024, bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1100. Adapun peserta rencananya berasal dari atlet seluruh Jawa Timur.

Untuk ketentuan umur minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun. Kemudian jarak tempuh pelari sejauh 10 km, dan rute yang lalu meliputi 5 kelurahan di sekitar Kecamatan Bangil, seperti Kelurahan Bangil, Gempeng, Kalirejo, Kalianyar, Bendomungal, dan Kauman.

Dalam agenda tersebut, Habib Bakar menggandeng KKGO (kelompok kerja guru olahraga) seluruh Kecamatan Bangil. Di samping itu, ia juga mengapresiasi , Andriyanto, yang peka terhadap nasib olahraga.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj Bupati yang sangat peduli terhadap nasib olahraga," pungkasnya. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO