​Residensi Program Studi MARS Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2024

​Residensi Program Studi MARS Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2024

RESIDENSI PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH (UMY) YOGYAKARTA 2024

Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) Program Universitas Muhammadiyah (UMY) Yogyakartamempunyai kegiatan yang tercantum dalam kurikulum sebagai salah satu bentuk kegiatan profesional yang dilakukan di MARS UMY adalah kegiatan residensi. 

adalah salah satu bentuk Learning Activities (Kegiatan Belajar) Di akhir studi program mars berupa pengalaman manajemen secara riil dilahan RS, secara mandiri dan terstruktur dalam kurun waktu tertentu.

Salah satu tempat untuk lokasi MARS UMY adalah di Surabaya Jawa Timur dimana residensi ini merupakan kegiatan kunjungan kerja, magang dan bekerja di rumah sakit yang dilaksanakan selama dua minggu tanggal 22 juli sd 2 Agustus 2024.

Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) Program Universitas Muhammadiyah (UMY) Yogyakartamerupakan program pendidikan yang berorientasi pada pendidikan akademik dan professional.

Harapan dari Lulusan MARS tidak hanya memiliki kemampuan akademik di bidang menejemen rumah sakit, akan tetapi juga memiliki keterampilan, penguasaan dan keterampilan di bidang manajemen rumah sakit secara luas dan komprehensif.

Rumah Sakit RSUD DR Soetomo yang merupakan rumah sakit milik Pemerintah Provinsi, Rumah Sakit DR Soetomo Surabaya Jawa Timur merupakan Rumah Sakit Rujukan Nasional, Rumah Sakit Pendidikan Utama, Rumah Sakit Pengampuan Layanan Prioritas Nasional, sebagai RS Pengampuan Layanan Prioritas Nasional, juga merupakan Rumah Sakit Terakreditasi Internasional JCI (Joint Commission International kategori Academic Medical Center (AMC) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan.

Selama Mahasiswa mendapatkan Bimbingan Dari Pembimbing Lapangan Dan Pembimbing Akademik pada Resisdensi di RSUD DR Soetomo ini Dosen Pembimbing Akademik adalah Dr.dr. Kusbaryanto, M.Kes., FISPH, FISCM. Dosen Pembimbing Lapanga dr. Astindari, SpK.K diikuti oleh 4 mahasiswa UMY MARS yaitu Prof. Dr. dr. ERWIN ASTHA TRIYONO, Sp.PD-KPTI., FINASIM, Susilo Ari Wardani, S.Si, Apt. M.Kes, dr Faridha Cahyani, dr. Abdul Latif Kurniawan Sp.Rad. Mahasiswa ini mempunyai kewajiban menyelesaikan tugas yang di bebankan oleh program dan rumah sakit tempat residensi.

Dalam melakukan residensi, mahasiswa dituntut untuk menyelaraskan antara ilmu administrasi rumah sakit yang diperoleh dengan kondisi di rumah sakit tempat residensi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO