Wujudkan SDI, Bappeda Kota Kediri Gelar Rakor Bersama BPS

Wujudkan SDI, Bappeda Kota Kediri Gelar Rakor Bersama BPS Rapat Koordinasi (Rakor) yang dihadiri perwakilan OPD beserta BPS Kota Kediri. (Ist)

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappda) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama OPD dan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mewujudkan penyelenggaraan () di Ruang Rapat Bappeda .

Chevy Ning Suyudi, Kepala Bappeda menyampaikan, penerapan merupakan upaya strategis pemerintah untuk menyelaraskan dan mengintegrasikan data antar OPD di . Dalam implementasinya, Pemkot Kediri berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang .

bertujuan memastikan data yang dihasilkan perangkat daerah memiliki standar yang seragam, terbuka, dan dapat diakses oleh semua pihak,” terang Chevy seperti dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Jumat (13/9/2024).

Implementasi di dapat mempermudah kinerja pemerintah terutama Bappeda dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan, karena data yang diadopsi merupakan data valid yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Aplikasi tersebut memuat saran dan masukan yang diberikan oleh BPS selaku pembina data terhadap rancangan kegiatan statistik yang disampaikan oleh OPD. Jadi BPS tugasnya memberikan rekomendasi dalam proses perencanaan pengumpulan data. Makanya di sini diperlukan kolaborasi antar lembaga,” ucapnya.

Chevy menyebutkan terdapat kendala minor, yakni masih dijumpai perbedaan persepsi terkait standar data di masing-masing OPD. Untuk itu kolaborasi dengan BPS dan penyeragaman pemahaman tentang standar data dan metadata sangat diperlukan guna mensukseskan pelaksanaan di . (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO