Satukan Persepsi, APRI Lamongan Gelar Halaqoh Kepenghuluan

Satukan Persepsi, APRI Lamongan Gelar Halaqoh Kepenghuluan Mukhlisin Mufa saat memberikan sambutan dan membuka Halaqoh Kepenghuluan

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Lamongan Kemenag Kabupaten Lamongan menggelar halaqoh Kepenghuluan dan Revaluasi Program Kerja 2024 -2025 di Hotel Transformers Batu, Jumat (13/9/2024)malam.

Halaqoh diikuti seluruh Kepala KUA dan Penghulu , Operator dari 27 kecamatan se-Kabupaten Lamongan ini, dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, Mukhlisin Mufa yang baru sebulan bertugas di Lamongan.

"KUA sebagai perpanjangan tangan Kementerian Agama berada di garis terdepan, sebagian tugasnya adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kemenag merupakan rumah besar kita, sehingga patut kiranya kita buat teduh,nyaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,"ujar Muklisin.

Mukhlisin menambahkan, KUA membidangi berbagai lini bidang pelayanan, yang sangat berhubungan dengan data kependudukan seseorang. Ada akta yang dihasilkan produk KUA yaitu Akta Nikah dan Akta Ikrar Wakaf, juga informasi tentang Haji dan Umroh yang juga berhubungan dengan data seseorang.

"Kebenaran dan validitas data yang dikeluarkan KUA harus bisa dipertanggungjawabkan, karena akan digunakan untuk pengurusan dokumen Produk-pokok yang tercipta akan digunakan untuk pengurusan kelanjutan dokumentasi di instansi lain, sehingga kebenaran dan validitas data harus dipertanggung jawabkan,” terang Mukhilisin.

Mukhlisin sangat mengapresiasi kegiatan Halaqoh yang diinisiasi oleh APRI Kabupaten Lamongan Beliau berpesan agar kegiatan-kegiatan Halaqoh dan diskusi-diskusi yang sifatnya untuk menyatukan persepsi dan berbagi informasi perlu terus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan, imbuhnya.

Sementara itu Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, Khoirul Anam berharap, agar peserta halaqoh bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk berdiskusi berbagai hal yang menyangkut tusinya masing-masing yang selama ini terkadang belum sepaham.

Sebelumnya Ketua APRI Kabupaten Lamongan, Kholid Afandi menjelaskan, dalam kegiatan halaqah kali ini, pihaknya lebih banyak berdiskusi seputar program dan sekaligus evaluasi program kerja yang sudah kita kerjakan dan tak kalah pentingnya silaturahmi keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan.(qom/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO