Sore ini, Menteri ESDM Umumkan Penurunan Harga BBM, Rizal Ramli: Memang Waktunya

Sore ini, Menteri ESDM Umumkan Penurunan Harga BBM, Rizal Ramli: Memang Waktunya Menteri ESDM Sudirman Said. Foto: rmol

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Energi dam Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Sudirman Said akan mengumumkan penurunan harga Bahan Bakar Minyak () jenis Premium dan Solar pada sore ini. Pengumuman dilakukan setelah rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo.

"Nanti sore saja (diumumkannya), tergantung nanti. Pokoknya kita akan sampaikan di sidang kabinet, pengumumannya enggak harus di istana," ujar Sudirman di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (23/12).

Tak hanya itu, Sudirman juga masih enggan menyebut besaran penurunan harga Premium dan Solar. Dia ingin terlebih dahulu menyampaikannya pada sidang kabinet nanti.

"Saya kan harus mengikuti proses yang baik. Di level kementerian sudah kita hitung nanti akan kita sampaikan (di sidang kabinet) dan setelah itu kita umumkan," jelas dia.

Sudirman menegaskan, jika sudah diumumkan, penurunan harga tidak akan berlaku pada 1 Januari 2015. Alasannya, dia ingin memberikan kesempatan pada penyalur untuk melakukan migrasi sistem.

"Berlakunya nanti tidak akan 1 Januari. Karena ini harga turunkan kita akan beri kesempatan kepada penyalur untuk tidak dirugikan. Kebetulan saja pertamina lagi melakukan migrasi sistem. Nanti harga ini akan berlaku tanggal 5 Januari 2015," tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas), I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja, memastikan penurunan harga Bahan Bakar Minyak () jenis Solar sebesar Rp 500 per liter. Sedangkan, untuk jenis Premium akan turun hingga Rp 300 per liter.

Sumber: merdeka.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO