Kembangkan UMKM dan Koperasi, Disperpar Tuban Canangkan Pelatihan Usaha Inovatif

Kembangkan UMKM dan Koperasi, Disperpar Tuban Canangkan Pelatihan Usaha Inovatif

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi di Kabupaten Tuban terus ditingkatkan oleh Dinas Perekonomian dan Pariwisata setempat pada 2016 ini.

Sesuai data yang didapatkan dari kantor Disperpar, Kamis (3/3) menyebutkan, saat ini ada 1.200 koperasi dan 65.553 UMKM yang resmi tercatat. Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan minimal ada 25 koperasi dan 300 sampai 500 UMKM per tahun.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Farid Ahmadi mengatakan, selain menambah jumlah UMKM dan koperasi yang baru, Disperpar akan menggarap UMKM dan koperasi yang sudah ada agar semakin berkembang. Caranya, yakni memberikan pelatihan tentang usaha inovatif. Nantinya, koperasi dituntut mempunyai usaha dalam bentuk produksi, jasa, simpan pinjam dan ritel atau pertokoan.

“Untuk koperasi yang sudah ada akan kami kembangkan pada empat item tersebut,” tandasnya.

Farid sapaan akrabnya menambahkan, demi menyukseskan program peningkatan UMKM dan Koperasi, pihaknya akan memberikan pelatihan pada pelaku usaha. 

“Melalui pelatihan SDM tersebut, kami berharap para pelaku UMKM atau pengelola koperasi selalu mengembangkan usahanya,” ujar pria berkacamata ini.

Masih kata Farid, kini pemerintah sudah membuka selebar-lebarnya pada masyarakat yang ingin mendirikan koperasi dan UMKM, yakni dengan menggratiskan ijin usaha atau pendirian koperasi.

"Kami harap masyarakat sebanyak-sebanyaknya mendaftarkan diri untuk membuka usaha,” pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO