80 Persen Penghuni Rutan Bangkalan Didominasi Kasus Narkoba

80 Persen Penghuni Rutan Bangkalan Didominasi Kasus Narkoba Rumah Tahanan Bangkalan, di Jl. Pertempuran No 21.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dari sebanyak 522 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Negara Bangkalan, 80 persennya merupakan tahanan atau narapidana kasus narkoba.

Hal ini disampaikan Pradana Suwito Putra, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Klas IIB Bangkalan saat ditemui di kantornya, Jl. Pertempuran No 21, Bangkalan, Jumat (6/3/2020)

"Total, ada sebanyak tahanan dan narapidana yang menghuni Rutan Bangkalan. Terdiri dari 263 dari penghuni tahanan, dan 259 penghuni narapidana. 80 persen penghuni Rutan Bangkalan didominasi dari kasus narkoba," ungkapnya. 

Pradana juga mengatakan bahwa Rutan Bangkalan saat ini mengalami overload tahanan. Hal ini disebabkan karena sulitnya memindahkan penghuni rumah tahanan.

Menurutnya, hal ini juga terjadi lapas lain. "Oleh karenanya, solusi yang pertama yakni dengan cara memberikan hak-hak terhadap warga binaan. Bagi warga binaan yang bekelakuan baik, kami usulkan mendapat remisi. Selain itu, diusulkan untuk dilakukan pembebasan bersyarat. Jadi dari hal itu saja yang bisa kita lakukan saat ini," ungkapnya.

Dikatakannya, bagi penghuni yang selama 6 bulan terakhir berkelakuan baik, maka diperbolehkan untuk mengajukan remisi. Sedangkan untuk bebas bersyarat, disesuaikan dengan aturan dan SK yang berlaku.

"Hal ini diterapkan karena rata-rata semua penghuni rumah tahanan sudah mengalami over kapasitas," pungkasnya. (ida/uzi/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO