Kabupaten Blitar Tambah Ratusan Kasus Positif Covid-19 di Akhir Tahun, Bakal Kembali ke Zona Merah

Kabupaten Blitar Tambah Ratusan Kasus Positif Covid-19 di Akhir Tahun, Bakal Kembali ke Zona Merah Krisna Yekti, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Blitar masih terus bertambah. Bahkan Kabupaten Blitar bakal kembali berstatus zona merah karena tingginya tingkat penularan. Data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar pada 31 Desember 2020, ada tambahan 144 kasus baru. Sedangkan sehari sebelumnya ada tambahan 171 kasus baru.

Meski data ini merupakan jumlah kumulatif dalam beberapa hari yang baru bisa dimasukkan data all new record di Kemenkes, namun Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengakui memang ada tambahan kasus baru positif yang cukup tinggi.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Covid-19 Dosis Kedua, Dinkes Kabupaten Blitar Sasar Masyarakat Umum

"Itu adalah jumlah kasus kumulatif dalam beberapa hari. Namun meski begitu, ini menunjukkan memang ada tambahan kasus yang cukup tinggi," ujar Krisna, Jumat (1/1/2021).

Lanjut dia, meski banyak tambahan kasus positif, namun akan ada perubahan pola penanganan pada 2021. Utamanya soal testing yang kini tidak akan dilakukan kepada semua kontak erat, melainkan hanya kepada yang bergejala saja.

"SOP terbaru tidak semua kontak erat yang di-testing. Swab hanya untuk kontak erat yang bergejala saja. Apalagi yang tanpa gejala sangat banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan tracing kalau jangkauannya terlalu luas," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar Naik, 48 Orang Terpapar

Data terkini, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1.821. Rinciannya, 1.559 dinyatakan sembuh, sedangkan 131 meninggal dunia. Sementara, 116 dalam masa observasi. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO