​Menilik Batik Karya Kota Kediri, Memeriahkan Hari Batik Nasional 2020 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Menilik Batik Karya Kota Kediri, Memeriahkan Hari Batik Nasional 2020

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 03 Oktober 2020 09:32 WIB

Saat perajin batik sedang bekerja. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kota Kediri tak hanya punya tenun ikat Kediri, tapi juga punya batik. Beberapa pengrajin di Kota Kediri membuat batik, khususnya batik yang menadakan kekhasan Kota Kediri.

Sebagai contoh, Kasiana (70 tahun), pembatik di Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Ia membuat beragam batik dengan mengambil corak landmark Kota Kediri. Motif batik yang diproduksi oleh Anna dengan merek Wecono Asri menampilkan motif Panji Galuh, Jembatan Brawijaya, Kediri Bersemi, dan lain-lain. Palet warna yang dipilih pun warna-warna kontras seperti ungu, hijau, dan merah.

“Sebenarnya tak hanya tenun ikat Kediri, batik juga kami promosikan. Kami mendatangkan desainer, Lenny Agustin untuk mengembangkan batik ini,” kata Ferry Silviana, Ketua Dekranasda Kota Kediri, Jumat (2/10).

Lenny Agustin memberi workshop pada para pembatik Kota Kediri untuk menggali potensi lain dalam hal motif, selain landmark kemudian menyajikannya menjadi lebih kekinian. Lenny memberi inspirasi dengan mendesain motif jaran kepang. Motif ini ditampilkan dengan berbagai ukuran sehingga enak dilihat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video