​Puncak Musim Penghujan, BPBD Blitar Ingatkan Hal Ini kepada Masyarakat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Puncak Musim Penghujan, BPBD Blitar Ingatkan Hal Ini kepada Masyarakat

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 17 Februari 2021 17:28 WIB

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menghadapi puncak musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengeluarkan imbauan peringatan dini guna mengantisipasi risiko bencana alam di daerahnya.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik mengatakan, peringatan dini ditujukan kepada masyarakat yang tinggal di sejumlah kawasan rawan bencana alam. Seperti banjir dan tanah longsor.

"Kalau dari kami personel siap dan terus stand by. Kemudian persiapan lain-lain kami siapkan, termasuk untuk keadaan darurat. Kami juga berkali-kali mengingatkan dan meminta kesiapan masyarakat agar terus waspada. Masyarakat harus peka dengan kondisi alam. Misalnya saja cuaca panas lalu tiba-tiba mendung tebal, yang harus diwaspadai adalah hujan lebat disertai angin. Karena sering ada kondisi seperti ini maka kami imbau yang punya pohon ukurannya besar dan berpotensi roboh jika terkena angin agar dipangkas untuk meminimalisir dampak bencana," terang Cholik, Rabu (17/2/2021).

Selain potensi hujan angin, ia juga mengingatkan warga yang tinggal di lereng-perbukitan, di pinggir sungai agar waspada. Terutama pada saat di wilayah mereka hujan turun dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama. Mereka diminta untuk mengungsi sementara ke lokasi yang relatif aman. Antisipasi ini, penting untuk menghindari dampak korban jiwa dari potensi bencana tanah longsor maupun banjir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video