Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menjelajah keindahan alam memang asyik. Apalagi jika sambil mencicipi kopi, sembari menikmati keindahan alam lereng Gunung Arjuno yang masih asri. Hal inilah yang dilakukan salah satu komunitas motor trail.

Mereka menjelajah kawasan Hutan Pinggan di lereng Gunung Arjuno Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Selain adventure, mereka juga bisa menikmati kopi yang dipetik langsung dari pohonnya. Seperti apa serunya, yuk simak liputannya.

Untuk menuju ke kawasan Hutan Pinggan di Desa Ledug Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, komunitas motor trail harus memacu kendarannya melintasi jalan berkelok dan penuh tanjakan. Ditambah jalan setapak berbatuan, semakin menguji andrenalin peserta.

Namun, beratnya medan tak akan membuat terasa lelah, karena di sepanjang perjalanan para trailer akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan kopi yang indah. Ya, kawasan Hutan Pinggan yang baru dibuka dua bulan ini, lokasinya masih alami.

Usai ngetrail, pengunjung langsung memanen kopi yang sudah matang, selanjutnya diolah langsung menjadi minuman untuk diminum bersama. Jenis kopi di lereng Gunung Arjuno ini ada robusta dan arabika, serta kopi lanang. Kopi-kopi ini juga diolah menjadi berbagai varian rasa, di antaranya rasa nangka, pisang, dan alpokat.

Pengunjung bisa menikmati itu semua hanya dengan merogoh kocek tiga puluh ribu rupiah. Nikmatnya bukan main, usai ngetrail, minum kopi sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Welirang.

Petani kopi di desa setempat, mengaku terbantu dengan adanya kegiatan komunitas motor trail, karena salah satu bentuk promosi ke masyarakat lainnya.

Firman, investor asal Surabaya optimis Hutan Pinggan akan cepat berkembang. Sebab selain memiliki keindahan alam, jaraknya muda ditempuh baik roda dua maupun roda empat. (tim)