Terus Dikebut, Pembangunan Kilang GRR Tuban Serap 98 Persen Tenaga Lokal

Terus Dikebut, Pembangunan Kilang GRR Tuban Serap 98 Persen Tenaga Lokal Kilang GRR Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pengerjaan pembangunan kilang minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban terus dikebut. Serangkaian aktivitas telah dilakukan dengan penyelesaian desain teknis Front-End Engineering Design (FEED), kegiatan pembersihan lahan (land clearing) tahap keempat, serta pelaksanaan early work.

Penyusunan desain teknis FEED GRR Tuban menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Hingga akhir tahun 2021 kemarin, proses desain telah mencapai 66,43 persen, atau lebih cepat dari target yang dipatok di awal tahun sebesar 59,44 persen.

"Penyusunan FEED ini merupakan fase yang krusial dalam pembangunan kilang, karena dari FEED ini akan didapatkan desain dan spesifikasi kilang secara lengkap sebagai dasar untuk melanjutkan proyek. Secara bersamaan, terkait dengan penyiapan lahan, kegiatan land clearing tahap ketiga telah diselesaikan," kata Presiden Direktur Pertamina Rosneft, Kadek Ambara Jaya, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Minggu (16/1).

GRR Tuban, lanjut Kadek, terus berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia di sekitar proyek, yang mana seluruh kegiatan penyiapan lahan berupa land clearing tahap ketiga yang diselesaikan pada tahun 2021 melibatkan tenaga lokal.

Sedikitnya 300 pekerja dilibatkan dalam tahap tersebut, di mana 98 persennya melibatkan tenaga lokal dari warga sekitar proyek. Total, ada 600 warga sekitar proyek yang terlibat pelaksanaan pekerjaan land clearing tahap pertama hingga ketiga.

Simak berita selengkapnya ...