Kanwil ​Kemenkumham Jatim Usulkan Pengadaan Alat Pendeteksi Handphone untuk Lapas

Kanwil ​Kemenkumham Jatim Usulkan Pengadaan Alat Pendeteksi Handphone untuk Lapas Kanwil Kemenkumham Jatim terus berkomitmen melakukan pemberantasan handphone di lapas/rutan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com -  terus berkomitmen melakukan pemberantasan di lapas/rutan. Terbaru, instansi yang dipimpin Wisnu Nugroho Dewanto itu telah mengusulkan pengadaan alat pendeteksi untuk lapas/rutan.

Hal itu diungkapkan Plt Kadiv Pemasyarakatan Gun Gun Gunawan saat memimpin Satuan Operasional dan Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) melakukan sidak di Lapas IIA Sidoarjo Selasa (22/2) malam.

Selain melakukan penggeledahan kamar hunian, tim juga melakukan tes urine untuk mengetahui ada tidaknya kandungan narkotika dalam tubuh.

"Ini adalah wujud komitmen kami untuk melakukan menciptakan lapas yang zero , pungli dan narkotika (halinar)," ujar Gun Gun.

Gun Gun yang didampingi Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji menyebutkan, pihaknya mulai kembali misi 'bersih-bersih' lapas. Dimulai dari Lapas Sidoarjo. "Kami menggandeng polsek dan koramil setempat sebagai bentuk transparansi," terangnya.

Pada penggeledahan kali ini difokuskan di blok A dan blok W. Blok A merupakan hunian untuk warga binaan laki-laki kasus umum. Sedangkan blok W merupakan blok khusus perempuan. "Kami tidak menemukan barang-barang menonjol seperti , dll," tutur Gun Gun.

Meski begitu, Gun Gun berharap ke depan upaya-upaya yang dilakukan jajarannya lebih optimal lagi. Salah satunya dengan pemenuhan sarana prasarana. "Kami mengusulkan minimal kantor wilayah memiliki alat pendeteksi , agar hasil penggeledahan lebih optimal," urainya.

Nantinya, alat tersebut akan digunakan untuk kegiatan penggeledahan rutin maupun insidentil. Sehingga, hasil pemetaan keamanan dan ketertiban lapas/rutan bisa lebih akurat.

Dia berharap, usulannya bisa diakomodir Ditjen Pemasyarakatan pada tahun ini. "Saya kira semua lapas/rutan semua punya keinginan yang sama, agar semakin bersih dari halinar," pungkasnya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO