Ritual Larung Sesaji, Telaga Sarangan Ditutup 24 Jam Mulai Besok

Ritual Larung Sesaji, Telaga Sarangan Ditutup 24 Jam Mulai Besok Loket pintu masuk objek wisata Telaga Sarangan, Magetan. Foto: ANTON SUROSO/BANGSAONLINE

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Objek Wisata , Magetan, ditutup sementara untuk para wisatawan selama 24 jam mulai besok, Kamis (17/3) pukul 16.00 WIB sampai Jumat (18/3) pukul 16.00 WIB. Sebab, ada prosesi bersih desa dengan ritual Larung sesaji di tengah yang dilakukan masyarakat setempat secara tertutup karena pandemi Covid-19.

Kabid Pengelolaan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, Eka Raditya, mengatakan bahwa kebijakan tersebut muncul setelah adanya berbagai pertimbangan saran dan masukan dari Satgas Covid-19 dan pihak terkait lainnya. Sehingga, para sesepuh dan tokoh masyarakat di sana memutuskan ritual Larung Sesaji dilakukan tertutup.

“Jadi Larung Sesaji tahun ini tidak dibuka untuk wisatawan, tapi hanya dilakukan oleh intern warga Sarangan saja dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami mohon maaf untuk sementara waktu ditutup,” ujarnya, Rabu (16/3).

Larung sesaji merupakan puncak upacara bersih desa masyarakat sekitar . Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun sekali dengan perhitungan kalender Jawa jatuh pada hari Jumat Pon di bulan Ruwah.

Tradisi bersih desa dengan puncaknya Larung Sesaji ini dilakukan warga Sarangan sebagai wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus permohonan agar tetap lestari dan warganya mendapatkan kemakmuran, kesejahteraan, dan dijauhkan dari segala bencana. (ton/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO