Peduli Kesehatan Masyarakat, PWI Tuban Gelar Penyuluhan Stunting dan Pengobatan Gratis bersama SIG

Peduli Kesehatan Masyarakat, PWI Tuban Gelar Penyuluhan Stunting dan Pengobatan Gratis bersama SIG Bupati Lindra saat memberikan edukasi tentang stunting kepada kader posyandu dan masyarakat Desa Sumurgung.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – menyambut baik kegiatan penyuluhan stunting dan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tuban, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Rabu (16/3/2022).

Acara yang dipusatkan di Balai Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban itu didukung penuh PT Semen Indonesia Grup (SIG) persero Tbk - Pabrik Tuban, dan sejumlah pihak terkait lainnya. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemberian paket makanan bergizi kepada 100 peserta yang hadir. Di antaranya, 50 orang lansia dan 50 peserta ibu hamil maupun menyusui.

"Kami menyambut positif kegiatan penyuluhan stunting dan pengobatan gratis ini yang dilakukan oleh teman-teman , karena kegiatan ini juga merupakan dukungan terhadap kami dalam menangani kasus stunting dan saya berharap kegiatan ini terus dikembangkan," kata Bupati Lindra.

Ia menyebut, angka stunting di Kabupaten Tuban sendiri saat ini masih tergolong tinggi yakni mencapai angka 25 persen. Meski begitu, tingkat stunting ini masih tergolong berada di urutan tengah-tengah dari kabupaten/kota di Jatim.

Sementara berdasarkan data yang ia terima, kasus stunting yang berada di Desa Sumurgung pada bulan Agustus 2022 lalu berada di kisaran 533 anak. Untuk itu, melalui instansi terkait akan terus berupaya menurunkan angka stunting tersebut.

"Tingginya angka stunting di Tuban disebabkan sejumlah faktor, di antaranya usia nikah yang terlalu muda. Remaja pada usia di bawah 19 tahun dinilai belum siap secara mental maupun fisiknya, sehingga rentan terjadi kasus kejadian stunting. Untuk itu, juga menyiapkan pendampingan, progam KB, dan paket makanan bergizi bagi ibu hamil untuk menekankan angka stunting," sambungnya.

Mas Bupati berpesan agar wartawan di Tuban mampu menyampaikan informasi akurat dan terbaru. Dengan begitu, insan pers menjadi pengawas eksternal jalannya pemerintahan. Sekaligus menyampaikan informasi dan masukan kepada .

"Dukungan dari sektor usaha dan masyarakat menjadi modal utama percepatan pembangunan di Tuban. Sebab, mengedepankan partisipasi dan kolaborasi semua elemen masyarakat,” tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...