Terima Kunjungan Dubes Spanyol, Menkominfo Johnny Diskusikan Potensi Kerja Sama TIK

Terima Kunjungan Dubes Spanyol, Menkominfo Johnny Diskusikan Potensi Kerja Sama TIK Menkominfo, Johnny G Plate, bersama Duta Besar Spanyol untuk Indonesia H.E. Francisco De Asis Aguilera Aranda, saat bertemu awak media. Foto: Humas Kemenkominfo/AYH

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), , menerima kunjungan , . Dalam pertemuan kurang lebih satu jam ini, mereka membahas potensi kerja sama antarkedua negara di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Pagi ini saya dikunjungi Duta Besar Spanyol Ambassador Francesco mendiskusikan potensi kerja sama Indonesia dan Spanyol, khususnya di bidang teknologi informasi dan aplikasi Informatika,” kata Johnny di Kantor Ke, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022).

Menkominfo menyambut baik kerja sama antara Indonesia dan Spanyol di sektor TIK, terlebih kedua negara telah menjalin hubungan baik.

“Saya menyambut baik kerja sama ini karena memang hubungan Indonesia dan Spanyol sudah berlangsung lama. Dan pembiayaan G to G atau government to government antara Spanyol dan Indonesia juga bukan baru, sudah biasa,” ujarnya.

Menurut dia, terdapat beberapa proyek kerja sama sudah masuk dalam project list Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang rencananya akan dibiayai Pemerintah Spanyol.

“Khusus untuk teknologi informasi, infrastruktur digital upstream dan infrastruktur digital downstream, Pemerintah Spanyol ingin membiayai dan mengambil bagian dalam penyiapan infrastruktur tersebut,” tuturnya.

Johnny menegaskan, Indonesia membuka ruang kerja sama yang luas untuk terus menghadirkan teknologi modern di Indonesia.

“Tentu dengan batasan-batasan bahwa itu kompetitif, teknologi yang dibutuhkan juga teknologi yang modern yang sesuai dan cocok untuk diimplementasikan di Indonesia,” ungkapnya.

Ia memaparkan, Dubes Spanyol untuk Indonesia telah menyampaikan komitmen menindaklanjuti potensi kerja sama TIK.

"Jadi tadi Bapak Duta Besar menyampaikan kepada saya bahwa dalam waktu dekat, satu atau dua minggu ke depan akan menyampaikan financing offer dari pemerintah Spanyol untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur TIK di Indonesia,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO