Pastikan Aman dan Lancar, Gubernur Khofifah Pantau Langsung Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar

Pastikan Aman dan Lancar, Gubernur Khofifah Pantau Langsung Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau arus mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Rabu (27/4/2022).

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau arus mudik Lebaran di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Rabu (27/4/2022). Ia bersama rombongan naik ke Kapal Dharma Kartika yang siap berlayar ke Pulau Raas Kabupaten Sumenep.

Di dalam kapal, Gubernur Khofifah menyapa langsung para pemudik dan melakukan pengecekan untuk memastikan para pemudik dalam kondisi aman, sehat, lancar dan selamat.

"Kami sengaja turun ke Pelabuhan Jangkar ini untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik Lebaran. Kita berharap seperti apa yang Bapak Kapolri sampaikan, mudik tahun ini diharapkan aman dan sehat. Kalau saya menambahkan, aman sehat lancar dan selamat," kata Khofifah kepada seluruh wartawan.

Ia memastikan layanan arus mudik di Pelabuhan Jangkar dalam kondisi aman. Pasalnya, saat ini Pelabuhan Jangkar sudah dilengkapi dengan movable bridge.

"Armada kapalnya juga telah dilakukan cek kelayakan berlayar oleh kesyahbandaran. Saya rasa kawan-kawan bisa membedakan antara Pelabuhan Jangkar tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini sudah dengan movable bridge yang kita injak ini, dengan begitu kendaraan aman," paparnya.

Ketua Umum Muslimat NU itu mengungkapkan, ada 169 Pos Pengamanan dan 49 Pos Pelayanan serta 23 rest area mudik Lebaran se-Jawa Timur, serta memberikan pelayanan random swab. Ketika pemudik menjalani swab antigen lalu terkonfirmasi Covid-19, maka langsung ditindaklanjuti dengan swab PCR.

"Misalnya, di PCR positif tanpa gejala, maka pemudik diminta dirujuk ke puskesmas terdekat. Tapi, apabila bergejala sedang dan berat, maka dirujuk ke rumah sakit terdekat,” jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':