Pasarkan Produk UMKM, Ketua TP PKK Gresik Teken MoU dengan Hotel Horison dan Aston Inn

Pasarkan Produk UMKM, Ketua TP PKK Gresik Teken MoU dengan Hotel Horison dan Aston Inn Ketua TP PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani saat melakukan kerja sama pemasaran produk UMKM Banjarsari dengan Hotel Horison. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gresik membantu memasarkan hasil produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kali ini, Ketua TP PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Hotel Horison dan Aston Inn setempat. 

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjalin kerja sama dalam memasarkan produk olahan dari limbah plastik menjadi sandal dan tas produk UMKM Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme. General Manager Horison GKB Gresik, Dodik Saputro, dan General Manager Hotel Aston Inn, Paminta, hadir langsung dalam penandatanganan ini. 

Nurul berujar, produk UMKM Desa Banjarsari terpilih menjadi 14 besar lomba desa se-Jawa Timur. Satu-satunya mewakili Kabupaten Gresik.

"Dengan dikelola Bumdes Banjarsari UMKM tersebut memiliki potensi inovasi tersendiri dengan memanfaatkan olahan sampah lebih maju. Sampah plastik diolah menjadi produk seperti tas dan sandal," ujarnya, Selasa (10/5/2022).

Ia sempat kaget karena tas berasal dari kantong plastik perpaduan warna tersebut sangat bagus.

"Saya berharap inovasi ini bisa didukung teman-teman stakeholder hotel, perusahaan untuk bekerjasama. MoU ini poin penting memajukan desa. Disamping itu kita sama-sama peduli terhadap isu lingkungan untuk mengurangi sampah plastik," tuturnya.

Ning Nurul (sapaan akrabnya) menyatakan produk UMKM Desa Banjarsari tidak hanya dipajang untuk dijual. Ke depannya, juga akan dipakai untuk alas kaki (sandal) tamu hotel.

"MoU ini semoga bermanfaat bagi masyarakat terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Banjarsari. Kerjasama ini juga diharapkan bisa menjadi percontohan bagi daerah lain. Gresik bisa menciptakan sandal plastik digunakan di hotel," pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...