Peringatan Harkitnas di Kota Pasuruan, Gus Ipul Ajak Bangkit Bersama dari Pandemi dan Lebih Kuat

Peringatan Harkitnas di Kota Pasuruan, Gus Ipul Ajak Bangkit Bersama dari Pandemi dan Lebih Kuat Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat menyaksikan sang saka merah putih hendak dikibarkan.

KOTA PASURUAN - BANGSAONLINE.com - Saifullah Yusuf memimpin langsung peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 di halaman kantor BKD Kota Pasuruan, Jumat (20/05/2022).

Tema Harkitnas ke-114 tahun 2022 adalah 'Ayo Bangkit Bersama!'. Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, -sapaan - minta Harkitnas tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, melainkan juga dipahami sisi historis di balik peringatannya.

"Di masa itu terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Semangat yang dicontohkan oleh Himpunan Boedi Oetomo ini diharapkan dapat kita terapkan untuk masa pandemi yang saat ini kita hadapi," jelasnya.

menyampaikan, semangat Boedi Oetomo hingga saat ini masih relevan untuk dikontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Apalagi menyikapi pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil.

"Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa. Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi, menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia," bebernya.

"Mari kita maknai Harkitnas ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19. Dari Indonesia, dunia pulih bersama. Ayo bangkit lebih kuat," tutup .

Ucapara Harkitnas diikuti Pasukan Bersenjata Kodim/0819 Pasuruan, Pasukan Bersenjata Yonzipur 10 Pasuruan, Pasukan Bersenjata Puslatsus Marinir Grati, Pasukan Bersenjata Polres Pasuruan Kota, Gabungan Korpri, Gabungan PGRI, Mahasiswa Unmer, Mahasiswa Uniwara, Mahasiswa Unej Kampus Pasuruan, gabungan SLTA, gabungan SLTP, gabungan pramuka yang masing-masing mengirimkan 10 pasukan. (par/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO