Waktu Kian Mepet, Kemenag Tuban Genjot Bimbingan Manasik Haji

Waktu Kian Mepet, Kemenag Tuban Genjot Bimbingan Manasik Haji Kepala Kantor Kemenag Tuban, Ahmad Munir, saat memberi materi manasik haji di KUA Palang.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban semakin gencar melakukan bimbingan manasik bagi Calon Jemaah Haji (CJH) tahun ini. Hal itu dilakukan karena waktu keberangkatan yang semakin dekat. 

Pelaksanaan manasik bagi CJH dilaksanakan sebanyak 6 kali, yakni 4 kali di Kantor Urusan Agama (KUA) pada setiap kecamatan dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten. Kepala Kantor , , memastikan hal tersebut.

"Keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang I direncanakan akan berangkat mulai 4 Juni 2022 mendatang," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Untuk efisiensi waktu, lanjut Munir, pemaparan materi manasik dapat dipersingkat dan diperpadat tanpa menguras subtansinya. Dengan demikian, kegiatan manasik di KUA dapat dipersingkat menjadi 2 hari.

"Ada sembilan titik yang akan menjadi titik bimbingan manasik, yakni di kecamatan Palang, Plumpang, Tuban, Merakurak, Jenu, Rengel, Soko, Singgahan, dan Jatirogo," tuturnya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Palang, Haris Rihandoko, mengatakan bahwa manasik pertama di tingkat KUA ini diikuti sebanyak 58 CJH dari dua kecamatan. Ia meminta, para CJH dapat mengikuti manasik dengan baik sehingga dapat memahami setiap tuntunan ibadah haji.

"Ini adalah bimbingan manasik pertama yang diselenggarakan di KUA untuk CJH tahun ini. Setiap CJH supaya menjaga diri dan kesehatan untuk persiapan menuju ke tanah suci," kata Haris. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO