Tak Lagi Jadi Momok, Inovasi Cermat Polres Nganjuk Mudahkan Peserta Jalani Ujian Praktik SIM

Tak Lagi Jadi Momok, Inovasi Cermat Polres Nganjuk Mudahkan Peserta Jalani Ujian Praktik SIM Para peserta ujian SIM sedang menjalani ujian praktik.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten yang hendak mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), kini tak perlu khawatir dengan ujian praktik yang biasanya jadi momok itu. Hal ini tak lepas dari inovasi Cermat (Cerdas Mahir Ujian Teori dan Praktik) SIM yang dilaksanakan Satlantas Polres pada Senin (23/5/2022).

Kasatlantas Polres AKP Indra Budi Wibowo menjelaskan, program Cermat SIM itu dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan serta kompetensi mengendarai kendaraan sebelum mengikuti ujian teori dan praktik SIM. Ia juga menyebut, tingkat kelulusan peserta Cermat SIM yang diterapkan jajarannya dalam ujian SIM bahkan mencapai 82,08 persen.

"Persentase kelulusan program ini mencapai 82,08 persen. Artinya, setidaknya delapan dari tiap 10 peserta Cermat SIM di Kabupaten bisa langsung lulus dalam ujian SIM," jelas AKP Indra.

Menurutnya, Cermat SIM Satpas Polres merupakan pengembangan dari program LUPS (Les Uji Praktik SIM). Ia menyebut bahwa dalam program Cermat SIM, masyarakat pemohon SIM tak perlu jauh-jauh datang ke Satpas Polres untuk berlatih teori maupun praktik berkendara. Karena bisa melakukannya di berbagai lapangan latihan uji praktik yang dibangun Polres .

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Plt Bupati Nganjuk Launching Vaksin PMK di Loceret':