Krista Exhibitions Gelar Indonesia Food Exhibition 2022 di Grand City Surabaya

Krista Exhibitions Gelar Indonesia Food Exhibition 2022 di Grand City Surabaya Press conference Indonesia Food Exhibition di Grand City Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Krista Exhibitions menyelenggarakan Food Exhibition 2022 (EastFood dan EastPack ). Pameran internasional di bidang industri makanan, minuman, bahan baku, teknologi, dan jasa layanan dalam bidang pangan serta teknologi pengemasan itu bakal berlangsung di di Grand City, , pada 9-12 Juni 2022.

Ketua umum Asosiasi Produsen Pengolahan & Pemasaran Produk Perikanan (AP5I), Budhi Wibowo, mengatakan bahwa penjualan pada sektor food service (restoran, kafe, katering, dll) turun amat tajam yakni tinggal 20 persen selama pandemi Covid-19.

"Namun di lain pihak penjualan langsung ke konsumen akhir (penjualan ritel) meningkat sangat pesat khususnya untuk produk siap masak (ready to cooked) dan siap makan (ready to eat)," ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Pasar ritel dinilai tumbuh sangat besar, di mana orang biasanya belanja di restoran sekarang belanja di rumah dan produk yang banyak dicari ialah siap dimasak. Menurut dia, penjualan online meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam waktu 2 tahun.

"Sekarang jual lele ada di marketplace, bukan di pasar lagi. Jadi penjual harus bisa membaca pasar. Karena memang pasarnya di situ. Alhamdulillah pertengahan tahun lalu menurut laporan memang masih belum pulih. Tapi sudah mulai membaik, kira-kira 70 persen," urai Budhi.

AP5I ialah salah satu asosiasi pendukung Food Exhibition 2022 yang diikuti 154 peserta dan 30 di antaranya ialah perusahaan UMKM. Target pengunjung di sana yakni sebanyak 20 ribu, baik dari lokal maupun internasional.

Perwakilan Disperindag menjelaskan, ekonomi sudah bergerak padahal 2 tahun lalu di bawah atau minus dan di awal 2022 naik pesat 5,2 persen di Jatim, nasional masih 5,0 persen. Pihaknya ingin Jatim jadi provinsi terbesar yang mendukung industri dan perdagangan dengan kontribusi 48 persen.

"Kami apresiasi PT Krisna Exhibitions sebagai penyelenggara kegiatan ini. Mudah-mudahan berjalan lancar," ungkapnya. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO