Pancaroba Sebabkan Penyakit Mata, Dinkes Sampang: Virus Biasa

Pancaroba Sebabkan Penyakit Mata, Dinkes Sampang: Virus Biasa Salah satu penderita penyakit mata memerah di Kabupaten Sampang, Moh Heri. Foto: MUTAMMIM/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Pergantian musim atau pancaroba menjadi keluhan masyarakat karena mayoritas dari mereka terserang penyakit, salah satunya penyakit mata. Di Kabupaten , problem ini sering diderita anak-anak hingga dewasa.

Salah satu warga dari dari Desa Ketapang Laok, Kecamatan Ketapang, Moh Heri, mengaku tengah mengalaminya (mata merah, membengkak, dan berair). Ia mengungkapkan hal tersebut usai berobat di Puskesmas.

"Penyakit mata saat ini sedang diderita oleh masyarakat banyak. Seperti di keluarga saya sendiri dan tetangga-tetangga," ujarnya, Kamis (16/6/2022).

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Bencana , Yuliono, menyebut penyakit mata merupakan problem Konjungtivitis yang tidak membahayakan dan cepat disembuhkan.

"Konjungtivitis ini virus biasa. Penyebabnya, karena bakteri dan juga karena asap, kemudian karena sinar kuat. Masyarakat tidak usah panik karena gampang disembuhkan," kata Yuliono.

Simak berita selengkapnya ...