Dewan Minta Dispendik Ajukan BTT untuk Rehab SDN 1 Gempol yang Ambrol

Dewan Minta Dispendik Ajukan BTT untuk Rehab SDN 1 Gempol yang Ambrol Kondisi ruangan di SDN 1 Gempol, Kabupaten Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten , Muhammad Zaeni, angkat bicara soal ambruknya ruang guru di . Menurut dia, kebutuhan sekolah seperti rehab bangunan yang rusak termasuk urusan wajib dan harus mendapat prioritas oleh dinas pendidikan (dispendik) sesuai dengan amanat Undang-Undang.

"Contoh kasus yang ruang guru jebol usai diguyur hujan. Dengan kondisi tidak bisa dipakai untuk proses belajar mengajar serta membahayakan warga, sekolah harus segera ditangani dengan menggunakan dana belanja tidak terduga (BTT)," ujar Zaeni saat dikonfirmasi, Selasa (21/6/2022).

Berdasarkan informasi yang ia terima, bangunan sekolah itu berada di tanah bengkok desa. Menanggapi hal ini, Zaeni meminta Dispendik Kabupaten untuk segera menangani hal tersebut.

"Jika nanti akan dibangun (), lantas bagaimana status aset bangunan? Apakah masuk hibah atau bantuan? Ini yang harus ditangani. Dinas jangan berpangku tangan saja," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Pemerhati Pendidikan asal Gempol, Budi Handarto. Ia menilai, Pemkab wajib merespons dan melakukan perbaikan pada karena perintah undang-undang .

”Silakan dinas membaca Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Pelaksanaan Pendidikan Nasional,” kata Budi.

Sementara itu, Kepala Dispendik Kabupaten , Hasbullah mengaku telah mendapat laporan dari lembaga yang bersangkutan terkait rusaknya bangunan . Menurutnya, perbaikan belum bisa dilakukan karena terbentur regulasi.

”Kita sudah upayakan pengusulan rehab melalui dana DAK atau dari anggaran lain, tapi kemungkinan tidak bisa tahun ini,“ kata dia. (bib/par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO