Berangkatkan 905 Jemaah Haji, Bupati Jember Minta Jaga Kesehatan dan Jaga Nama Baik Indonesia

Berangkatkan 905 Jemaah Haji, Bupati Jember Minta Jaga Kesehatan dan Jaga Nama Baik Indonesia 905 jemaah haji asal Jember diberangkatkan Bupati Hendy Siswanto dari pendopo setempat, Selasa (21/6/2022).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 905 jemaah haji asal diberangkatkan Bupati Hendy Siswanto dari pendopo setempat, Selasa (21/6/2022).

Ada sejumlah pesan yang disampaikan Hendy kepada jemaah haji dalam sambutannya. Pertama, agar jemaah haji tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci. 

"Sebagai tamu Allah, sebagai jamaah haji yang mendapat undangan dari Allah swt, mari kita tunjukkan yang pertama jaga kesehatan. Covid masih ada di sekitar kita, tentunya memakai masker wajib bagi kita sampai di tanah suci Mekkah. Pakailah masker untuk menjaga diri kita dan jamaah yang lainnya," paparnya.

Kedua, Hendy meminta jemaah haji menjaga nama baik dengan mematuhi kebijakan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Hal tersebut, menurutnya, akan berdampak pada penilaian dari Arab Saudi.

Mengingat, kuota pemberangkatan haji yang diberikan tahun ini merosot jauh apabila dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid-19. Data sedikitnya masyarakat untuk naik haji ,bisa diliahat dari jumlah kuota pemberangkatan haji.

"Total semuanya ada 905 Jemaah Haji dari Kabupaten . Turun cukup banyak, yang dulu tahun 2019 kita ada 2.200 jamaah haji. Memang ada pengaruh dari pandemi kemarin. Dua tahun ter-cancel tidak ada penyelenggaraan haji," ungkapnya.

"Negara Saudi akan menilai jamaah haji . Kalau kita tunjukkan yang terbaik, untuk masyarakat di sana, jamaah haji yang lainnya, tentunya Pemerintah Saudi akan menilai kita yang terbaik. Begitu terbaik (penilaian mereka terhadap kita), akan ditambah kuota kita. Itu yang paling penting," tuturnya.

Hendy pun mendoakan agar segenap jemaah haji asal Kabupaten diberikan keselamatan dan kelancaran, sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Dan tentunya akan dapat mendoakan kita semua masyarakat ," pungkasnya. (yud/bil/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO