Kemenag Tuban Gelar Jambore Literasi dan Moderasi Beragama

Kemenag Tuban Gelar Jambore Literasi dan Moderasi Beragama

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pertama kali di Jawa Timur, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mengadakan Jambore Literasi dan atau yang disebut dengan Jamlima se-Kabupaten Tuban. Jambore literasi yang diadakan di Bumi Perkemahan Sendang Maibit tersebut diikuti sekitar 1.600 peserta dari tingkat MI, MTs, dan MA. Kemah literasi rencananya akan diadakan mulai 25-27 Juni mendatang.

Kegiatan Jamlima mengangkat tema "Dengan Budaya Literasi dan Penguatan menuju Pelajar Pancasila yang Rohmatan Lil Alamin". Tujuannya, mendorong pelajar agar memiliki kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah.

Kegiatan diawali dengan tampilan marching band dari MAN 1 Tuban. Kelompok yang populer dengan nama "Gema Samudra Pasai" tersebut berhasil tampil memukau di hadapan para peserta upacara.

Kakankemenag Kabupaten Tuban dalam sambutannya berharap kegiatan bisa menginspirasi dan menggugah keterampilan anak dari jenjang MI, MTs, maupun MA.

"Saya yakin anak-anak sudah merindukan bertemu di arena ini karena pandemi 2 tahun yang membelenggu. ini sebagai wujud sekian kali mendorong para guru, pembina, dan anak-anak untuk beralih dari papper menuju ke digital. Nanti anak-anak akan dilatih, di-workshop, sekaligus menampilkan dan dibukukan karya-karyanya," tanggapannya dalam sambutan.

Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Nawawi., M.Phil dalam sambutannya saat membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada . Ia berharap kegiatan serupa juga digelar oleh kabupaten-kabupaten lain atau provinsi lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO