Kemenperin Gelar Bimtek IKM di Jember, Bupati Hendy Minta Bantuan Ekspor Produk Rotan

Kemenperin Gelar Bimtek IKM di Jember, Bupati Hendy Minta Bantuan Ekspor Produk Rotan Bupati Jember Hendy Siswanto saat memberikan sambutan dalam acara bimtek wirausahawan baru yang digelar Kemenperin RI.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kemenperin RI menggelar bimbingan teknis (bimtek) dengan topik wirausaha baru IKM di Hotel Aston, Selasa (26/7/2022). Acara itu dihadiri oleh Riefky Yuswandi, Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan, Kemenperin RI.

Dalam paparannya, ia mengatakan tujuan bimtek ini untuk mendorong peserta agar menjadi wirausahawan baru guna turut meramaikan persaingan di industri kecil menengah (IKM).

"Nanti Bapak-Ibu akan mendapatkan berbagai materi. Bahwa nanti ada terkait dengan manajemennya, tentang kewirausahaan, pada teknis, pada praktikum nanti. Praktiknya sampai 70 persen," ujarnya.

Ia berharap, ke depan pemda juga memfasilitasi perizinan para wirausahawan baru dari peserta bimtek. "Karena izin usahanya akan dibutuhkan oleh teman-teman ini dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya," imbuhnya.

Sementara itu,   menceritakan sejumlah persoalan yang kini dihadapi IKM di Jember, di antaranya adalah pasar dan harga yang kurang sesuai. Ia mencontohkan produk rotan andala Jember, yang dibikin menjadi rumah-rumah mini di pantai.

Simak berita selengkapnya ...