Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-75, Gubernur Khofifah Resmikan 9th K-UKM Expo di Grand City

Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-75, Gubernur Khofifah Resmikan 9th K-UKM Expo di Grand City Gubernur Khofifah saat meninjau pelaku usaha di 9th K-UKM Expo. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, resmi membuka gelaran 9th K-UKM Expo di Grand City Mall , Rabu (27/7/2022). Agenda bertajuk 'Memantapkan Peran Koperasi dan UKM Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat' ini sekaligus menjadi puncak peringatan Hari Koperasi ke-75 di Jawa Timur

Gubernur mengatakan bahwa Hari Koperasi merupakan akumulasi dari sinergi seluruh gerakan koperasi. Jika berkoperasi, kata , akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan penguatan UMKM bertujuan demi mewujudkan kesejahteraan umum.

"Pasti kita ingin membangun kecerdasan kehidupan bangsa adalah bagian dari mukadimah atau preambule UUD 1945," ujarnya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu juga mengulas sejarah koperasi yang berawal dari Rochdale, sebuah desa di ujung Liverpool yang sempat dikunjungi beberapa waktu lalu. Menurut dia, dari pedoman koperasi di Rochdale inilah prinsip-prinsip pergerakan koperasi dibentuk.

Walau masih sangat sederhana, apa yang dilakukan koperasi Rochdale dengan prinsip-prinsipnya telah menjadi tonggak bagi gerakan koperasi di seluruh dunia, dan koperasi memiliki tempat tertinggi sebagai pemegang referensi sebuah jabatan dalam perkembangannya di beberapa negara. Sehingga, Koperasi di Jatim diharapkan mampu mengikuti dengan membangun kekuatan di era digitalisasi agar seimbang. 

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':