PCNU Pacitan Tak Tahu Apa Motif di Balik PWNU Jatim Ngotot Dukung Ahwa

PCNU Pacitan Tak Tahu Apa Motif di Balik PWNU Jatim Ngotot Dukung Ahwa PCNU Pacitan mengggelar Musyawarah Kerja Cabang. Foto: nuo

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pacitan Jawa Timur KH Imam Faqih Sudja’ mengungkapkan bahwa hingga kini dirinya patuh terhadap Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur soal sistem pemilihan Rais Am.

”Saya sam’an wata’athan,” katanya kepada BANGSAONLINE.com tadi malam, Ahad (26/4/2015). Menurut dia, PWNU Jatim mendukung penuh sistem pemilihan Rais Am lewat Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA).

”Sejak pertemuan di Ploso (Kediri) hingga Pesantren Sidogiri Pasuruan PW (PWNU Jatim – red) menyosialisasikan AHWA,” katanya.

”Dalam pertemuan itu PW (PWNU Jatim – red) menyatakan Ahwa adalah keputusan Munas dan untuk menghindari politik uang,” katanya.

Karena itu, tegas dia, dalam pertemuan itu dirinya menyarankan agar PWNU Jawa Timur menyosialisasikan AHWA kepada PWNU lain di seluruh Indonesia. ”Kan yang ngotot mendukung AHWA PW (PWNU Jatim) dan Jateng,” katanya. Bahkan, menurut Kiai Imam Faqih Sudja’, PWNU Jatim dalam pertemuan di Ploso sudah memunculkan nama-nama kiai calon anggota AHWA.

”Tapi saya lupa nama-namanya. Yang pasti minus Kiai Hasyim Muzadi dan Said Aqil Siradj,” tuturnya. Jadi dalam pandangan PWNU Jatim Kiai Hasyim Muzadi dan Kiai Said Aqil Siradj tak masuk sebagai anggota AHWA.

Sikap PWNU Jawa Timur ini berbeda dengan mayoritas PCNU dan PWNU seluruh Indonesia yang mendukung Kiai Hasyim Muzadi sebagai Rais Am PBNU. 

Kiai Imam Faqih Sudja' mengaku tak tahu apa motif dibalik PWNU Jawa Timur sangat ngotot mendukung AHWA.Padahal, menurut dia, sekarang terlalu mepet waktunya untuk menerapkan AHWA. Tapi sekali lagi, menurut dia, dirinya sam’an wata’athan terhadap PWNU Jawa Timur. ”Cuma nanti kita lihat sikap cabang-cabang dan PW-PW yang lain. Kan waktu bisa berubah,” katanya.

Jadi, menurut dia, sikap PCNU Pacitan tergantung sikap PCNU dan PWNU yang lain. Kalau ternyata mayoritas PCNU dan PWNU menolak AHWA, maka PCNU Pacitan akan menolak AHWA. ”Kan sudah banyak yang menolak seperti daerah Banyuwangi dan sebagainya,” katanya.

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO