Gegerkan Dunia, Nancy Pelosi: Tiongkok Komunis, Otoriter dan Musuh Demokrasi

Gegerkan Dunia, Nancy Pelosi: Tiongkok Komunis, Otoriter dan Musuh Demokrasi Dahlan Iskan

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Politisi AS, Nancy Pelosi, menggegerkan dunia. Hari ini, ia akan memastikan apakah tetap ke Taiwan atau justru balik kucing karena takut ancaman Tiongkok.

Pemerintahan Xi Jinping memang kebakaran jenggot akibat manuver politisi perempuan itu. Tiongkok merasa sangat dirugikan jika Pelosi sampai menginjakkan kaki di Taiwan. Kehadiran Pelosi sama dengan pengakuan terhadap kemerdekaan Taiwan.

Loh, apakah pemerintah AS tak bisa melunakkan Pelosi? Bukankan Xi Jinping dan Joe Biden sudah telepon berjam-jam?

Nah, tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA pagi ini, Selasa 2 Agustus 2022, sangat menarik kita simak. Atau Anda bis abaca di BANGSAONLINE.com di bawah ini. Selamat membaca: (PENGANTAR REDAKSI BANGSAONLINE).

UMURNYI sudah 82 tahun tapi masih mampu bikin panas-dingin dunia: Nancy Pelosi. Ketua DPR Amerika Serikat itu sudah tiba di Singapura. Kemarin. Sudah bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Singapura memang partner terbaik Amerika di Asia Tenggara. Punya hubungan perdagangan bebas.

Dari Singapura Pelosi akan mampir ke Malaysia, tapi tidak Indonesia. Setelah hari ini di Kuala Lumpur jadwal Pelosi berikutnya penuh misteri. Maunyi ke Taiwan. Tidak. Pergi. Tidak. Ke sana. Mampir satu malam. Tidak. Penuh rahasia.

Amerika sudah mulai mengerahkan angkatan perang. Mereka bergerak ke dekat Taiwan. Termasuk kapal induknya.

(Nancy Pelosi. Foto: Reuters/iNews

Amerika juga terus memonitor pergerakan tentara Tiongkok. Berikut armada dan persenjataannya. Tiongkok juga terus memonitor pergerakan armada perang Amerika.

Tiongkok memang geram pada rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan itu. Berbagai peringatan sudah dinyatakan. Termasuk ketika Presiden Xi Jinping berbicara lewat telepon dengan Presiden Joe Biden. Selama dua jam lebih. Dua hari lalu.

Tapi pun seorang presiden tidak bisa mengintervensi acara Ketua DPR Nancy Pelosi. Yang bisa dilakukan presiden adalah menjaga keamanan Pelosi. Terutama dari ancaman Tiongkok.

Simak berita selengkapnya ...