Cegah Banjir di Perkotaan, DPRKP Lamongan Bangun Saluran Air dan Trotoar

Cegah Banjir di Perkotaan, DPRKP Lamongan Bangun Saluran Air dan Trotoar Proses pembangunan saluran air di Jalan Kusuma Bangsa Lamongan. Inset: Saiful Amin.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir atau genangan air di perkotaan saat musim hujan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten Lamongan membangun saluran air dan trotoar.

Kasi Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PLP) , , mengatakan tahun ini ada lima titik pembangunan trotoar dan saluran air agar tidak terjadi genangan saat musim penghujan.

Dijelaskanya, lima titik tersebut meliputi pembangunan saluran air di Jalan Kusuma Negara dan Jalan Kusuma Bangsa. Sementara pembangunan saluran trotoar ada di Jl Merpati, Jl Kinameng, dan Jl Kyai Amin. Kawasan tersebut merupakan daerah yang sering terjadi ada genangan di saat musim penghujan.

"Pembangunanya sudah proses, bahkan ada yang hampir finishing," ujar .

Menurut Saiful, pembangunan trotoar sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Saat ini, hampir semua jalan protokol di dalam perkotaan trotoarnya sudah dibangun. Tidak hanya keindahan, lanjut dia, pembangunan trotoar juga untuk memperlancar aliran air. Bahkan, itu menjadi salah satu faktor utama perbaikan trotoar.

"Dibangunnya sejumlah trotoar dan saluran air memberikan nuansa baru di perkotaan menjadi tampak lebih bersih. Selain menambah keindahan kota, juga memperkecil adanya genangan air saat penghujan, tetapi harus didukung masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,’’ jelas Saiful.

Selain itu, tambah Saiful, perbaikan trotoar harus memberikan dampak positif. Yakni, bisa menjadi solusi banjir di wilayah perkotaan. Sebab, selama ini wilayah kota kerap terjadi genangan air saat hujan.

‘’Dengan diperbaikinya saluran air dan trotoar itu agar bisa mengurangi banjir perkotaan,’’ pungkasnya. (qom/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO