Tingkatkan Kualitas Gizi dan Cegah Stunting, Pemkot Kediri Gelar Pelatihan Dahsat

Tingkatkan Kualitas Gizi dan Cegah Stunting, Pemkot Kediri Gelar Pelatihan Dahsat Chef Agus Syafruddin bersama salah satu peserta pelatihan. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Kediri mengundang 35 kader UPPKA dan kader KB yang tersebar di kelurahan se-Kota Kediri.

Mereka diajak mengikuti kegiatan pelatihan dapur sehat atasi (Dahsat) di Ruang Pertemuan , Kamis (1/9/2022).

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas gizi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri untuk pencegahan .

Kepala Sumedi mengatakan, Dahsat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko . Seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, bayi di bawah usia dua tahun, atau balita terutama dari keluarga kurang mampu.

“Dalam hal ini, para kader diberikan sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercitarasa, dan bergizi baik. Untuk pencegahan harus selalu dibiasakan makanan yang bergizi dan mengandung zat besi tinggi. Nah, hal inilah yang diharapkan nantinya bisa diinformasikan para kader ke teman-teman posyandu di kelurahan dan masyarakat tentang apa saja sih olahan makanan yang sehat,” jelasnya.

Penyebab masalah , menurut Sumedi adalah kondisi kesehatan dan asupan nutrisi yang tidak optimal, pola asuh yang kurang baik, kurangnya akses pelayanan kesehatan, dan akses sanitasi air bersih. Untuk itu, dengan adanya Dahsat, calon pengantin, ibu yang hendak hamil, dan ibu menyusui bisa lebih memperhatikan asupan nutrisinya.

“Terlebih untuk ibu yang sedang hamil, ketika bayi berada dalam kandungan harus mendapat perhatian serius, dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi berimbang. Juga minuman yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga lahir generasi penerus yang optimal, sehat dan berkualitas,” tutup Sumedi.

Kegiatan itu juga menghadirkan Chef Agus Syafruddin yang membawa 3 menunya yakni Quiche Loraine Ati Bayam, Churros Tuna Susu, dan Sushi Rollade Saus Keju. Tidak hanya teori, para peserta juga diajak langsung praktik memasak tiga menu olahan makanan dari ikan, telur, hati ayam, susu dan bayam. (uji/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO