Elektabilitas Lita Machfud Arifin Semakin Kokoh

Elektabilitas Lita Machfud Arifin Semakin Kokoh Bakal calon legislatif DPR RI Dapil Jatim I dari Partai NasDem, Lita Machfud Arifin, saat menghadiri kegiatan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI Dapil Jatim I (-Sidoarjo) dari Partai NasDem,  (), tercatat sebagai satu-satunya kandidat yang memiliki calon pemilih dengan kemantaban paling tebal daripada lainnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) pada Senin (19/9/2022). Selain memiliki calon pemilih yang kuat, juga menjadi satu-satunya caleg yang memiliki tren kenaikan elektabilitas paling konsisten.

Elektabilitas istri Irjen Pol (purn) Machfud Arifin itu terus menanjak dalam tiga kali periode survei yang dilakukan ARCI. Dari 1,2 persen pada April 2022, elektabilitas kemudian naik menjadi 2,72 persen di bulan Juli 2022 dan naik menjadi 3,5 persen per 19 September 2022.

Sebaliknya, elektabilitas sejumlah caleg incumbent yang selama ini berada di papan atas cenderung turun. Misalnya, Bambang DH yang pada survei Juli 2022 lalu meraih elektablitas 8,16 persen, kemarin turun menjadi 7,8 persen.

Syaikhul Islam yang sebelumnya berada di peringkat dua dengan elektabilitas 6,12 persen, pada survei kemarin turun menjadi 5,8 persen. Puti Guntur Soekarno yang pada periode Juli lalu meraih 4,08 persen, kemarin turun menjadi 3,9 persen.

"Ini pertanda bahwa peluang NasDem pecah telur untuk DPR RI dari Dapil Jatim I pada Pemilu 2024 nanti semakin terbuka lebar. Elektabilitas saat ini menempel ketat Puti Guntur Soekarno (3,9) dan Adies Kadir (3,8)," kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt.

"Kenaikan elektabilitas Lita hampir merata di seluruh Dapil di . Kecuali Dapil tiga (Rungkut, Wonocolo, Mulyorejo, Bulak, Tenggilis Mejoyo, Gunung Anyar, Sukolilo). Tim harus bekerja lebih keras lagi,” imbuhnya.

Di Sidoarjo, kenaikan elektabilitas Pengurus Pusat Dewan Kerajinan Nasional ini juga mulai menyebar ke sejumlah wilayah. Bukan hanya di Kecamatan Waru. Di Buduran, Taman, di wilayah kecamatan kota, elektabilitas juga mulai naik.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO