Leave No One Behind: Peringatan Hari Pangan Sedunia 2022, Apa yang dilakukan Indonesia?

Leave No One Behind: Peringatan Hari Pangan Sedunia 2022, Apa yang dilakukan Indonesia? Hari Pangan Sedunia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Pada tahun 2022 ini tema ialah 'Leave No One Behind' yang bermakna tidak meninggalkan seorangpun. Pada momen ini, penduduk dunia diajak untuk dapat lebih peduli dengan keamanan pangan sebagai bentuk solidaritas global.

"Selama tiga tahun lamanya kita mengalami pandemi, di antara krisis ekonomi, krisis iklim, konflik & perang, terputusnya rantai pasokan Internasional. Hal ini meningkatkan ketidaksetaraan dan kenaikan harga pangan", ujar Qu Dongyu, Direktur Jendral Organisasi Pangan Sedunia (FAO).

Badan Pangan Nasional (BPN) menyelenggarakan berbagai macam agenda seperti seminar dan kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti Festival Cafe Kreasi Pangan Local se-Jawa Timur dan adanya lomba poster untuk acara Gelar Pangan Nusantara.

"Adanya tantangan fluktuasi harga dikarenakan pengaruh pandemi, geopolitik global dan perubahan iklim. Tetapi BPN berusaha melakukan stabilitas harga dan pasokan pangan dengan cara memfasilitasi distribusi pangan dan daerah sentral ke daerah defisit", ungkap Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan Nasional.

Arief Prasetyo juga menjelaskan mengenai kondisi ketahanan pangan Indonesia hingga bulan Desember 2022, dimana menunjukkan 9 komoditas pangan pokok strategis yang ditangani BPN diperkirakan dalam kodisi cukup. Dalam hal ini penting kiranya menjaga ketahanan pangan dengan berkolaborasi antar berbagai pihak. (ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO