Tanaman Mangrove sebagai Mitigasi Pemanasan Global

Tanaman Mangrove sebagai Mitigasi Pemanasan Global Hutan Mangrove. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hutan Mangrove melindungi garis pantai dari abrasi dan akan meredam gelombang besar air laut yang berpontensi bencana alam.Tanaman Mangrove penyimpan karbon lebih banyak dari semua ekosistem di bumi, sehingga mangrove dapat berperan penting dalam upaya mitigasi . Tanaman mangrove menyimpan lebih besar karbon daripada hutan daratan biasa.

Mangrove dapat menyerap karbon dengan kecepatan yang lebih cepat yakni dua hingga empat kali lebih besar dari hutan tropis dan menyimpan tiga hingga lima kali lebih banyak karbon.

Karbon yang diserap oleh ekosistem pesisir tidak kalah jauh lebih besar menyimpan karbon dibanding ekosistem daratan yang cenderung tidak ada pertambahan pada saat-saat tertentu.

Aksi kesadaran untuk menjalin hubungan lebih baik dengan bumi telah dilakukan oleh generasi milenial dengan membentuk suatu komunitas, salah satunya komunitas Siap Sadar Lingkungan. Eksistensi komunitas Siap Sadar Lingkungan dapat terlihat dari aktivitasnya di Instagram yang kerap menyajikan pengetahuan mengenai dan tanaman lainnya. Komunitas Siap Sadar Lingkungan juga melaksanakan event seperti sosialisasi hingga lomba untuk meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Mari menjaga ekosistem pesisir maupun darat!

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO