​Pemkot Kediri Gelar Pembinaan untuk BUMD dan BLUD

​Pemkot Kediri Gelar Pembinaan untuk BUMD dan BLUD Suasana kegiatan penyelarasan fungsi pembinaan BUMD dan BLUD di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot  melalui bagian administrasi perekonomian menggelar kegiatan penyelarasan fungsi pembinaan BUMD dan BLUD, Kamis (3/11/2022). Agenda tersebut digelar untuk mengoptimalkan peran badan usaha yang dikelola pemerintah daerah setempat.

Sebab, BUMD dan BULD memiliki peran strategis dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan suatu daerah. Acara ini diharapkan mampu mengasah ilmu pengelolaan keuangan BUMD dan BLUD secara lebih teknis dan mendalam bagi para peserta.

Tiga narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini, dan berasal dari Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur. Mereka adalah Marta Mukti Widodo, Masfufah, dan Adi Dwiyanto.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kota , Tetuko Erwin Sukarno, mengatakan bahwa dari ketiga narasumber itu, dirinya memperoleh resep bagaimana membina BUMD dan BLUD di Kota Tahu. Ia mengaku akan segera menindaklanjuti hasil dari agenda tersebut.

“Hari ini kami mencoba mensinkronisasikan pola pembinaan dari provinsi karena mereka lebih settle dan memiliki banyak BUMD dan BLUD. Ada beberapa regulasi dan rekomendasi yang seharusnya disusun terkait pengelolaan BUMD dan ini yang kita upayakan untuk segera disusun,” paparnya.

"Catatan yang paling penting dari kegiatan tersebut ialah pengelolaan BUMD dan BLUD harus benar-benar akuntabel, taat akan asas tata kelola perusahaan yang baik, sehingga mampu menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan bagi pemerintah daerah dan meminimalisir kecurangan dan penyimpangan," tuturnya

Sebanyak 3 BUMD dan 10 BLUD dihadirkan untuk mengikuti pembinaan dalam kegiatan tersebut. Sejumlah BUMD itu yakni, , PDAM Tirta Dhaha, dan BPR Kota . Sedangkan untuk 10 BLUD yakni 9 puskesmas di Kota dan .

“Alhamdulillah semua yang kita undang bisa datang dan hadir serta mendengar bagaimana proses pengelolaan BUMD dan BLUD di provinsi yang benar berdasarkan aturan-aturan. Semoga melalui pembinaan ini semua BUMD dan BLUD di Kota memiliki pola pengelolaan yang baik di semua sisi, baik dari sisi keuangan maupun non keuangan,” kata Erwin. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO