Bank Jatim Raih ISO 27001

Bank Jatim Raih ISO 27001 Foto bersama usai penyerahan Sertifikat ISO dan TTIS.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com mendapat Sertifikasi ISO 27001:2013. Hadirnya standar internasional keamanan tersebut dapat membantu BUMD di bidang perbankan ini untuk membangun, dan menerapkan sistem manajemen keamanan informasi yang menyeluruh dari aspek kebijakan dan tata kelola, SDM, teknologi, serta peran aktif manajemen.

Hal itu menunjukkan komitmen yang terus meningkatkan kualitas keamanan informasi. Bertempat di Kantor Pusat , seremonial penyerahan ISO 27001:2013 dihadiri Direktur Utama , Busrul Iman, dan Direktur Teknologi Informasi & Operasi , Tonny Prasetyo.

Dalam sambutannya, Busrul mengatakan bahwa saat ini sistem manajemen keamanan dan informasi merupakan suatu kebutuhan dan tuntutan bagi seluruh instansi, terutama perbankan yang sangat erat kaitannya dengan kepercayaan.

"Good Corporate Governance menjadi sesuatu yang harus diutamakan di dalam tata kelola perbankan pada umumnya," ujarnya, Kamis (10/11).

Ia berterima kasih pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kepercayaannya untuk pelaksanaan operasional dalam sisi keamanan , dengan adanya Tim Tanggap Insiden Siber (TTIS/CSIRT) dari BSSN.

“Pencapaian ini menjadi motivasi kami untuk terus berkomitmen meningkatkan keamanan informasi sesuai dengan standar yang ada. ISO 27001 merupakan standar internasional yang akan menjadi tonggak untuk terus bergerak menuju standar internasional yang lain," paparnya.

Sementara itu, Deputi Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, Mayjen TNI (Mar) Markos, menyebut layanan berbasis internet dan digital sekarang menjadi primadona di tengah masyarakat. Namun, ia mengingatkan soal risiko dan ancaman keamanan ketika manfaat teknologi semakin tinggi.

"Kami mengucapkan selamat atas terdaftarnya tim CSIRT , semoga mampu menjawab tantangan keamanan dengan terus meningkatkan kapabilitas, kematangan Tim Tanggap Siber yang sudah terbentuk," kata Markos

"Kami juga berharap pembentukan CSIRT dapat mendorong instansi lain untuk membentuk CSIRT, karena keamanan merupakan tanggung jawab bersama," tuturnya menambahkan.

Pada kempatan kali ini BSSN akan menyerahkan secara resmi surat tanda registrasi CSIRT bankjatim. Penyerahan ini adalah awal dari pengelolaan insiden , selanjutnya kompentasi SDM CSIRT perlu ditingkatkan melalui program-program pelatihan serta paling penting adalah simulasi dalam penanganan insiden . (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO