Cegah Stunting, Keluarga Adalah Madrasah Pertama dan Utama Bagi Anak-Anak

Cegah Stunting, Keluarga Adalah Madrasah Pertama dan Utama Bagi Anak-Anak Sosialisasi Pengasuhan 1.000 HPK dan Balita oleh BKKBN Prov. Jatim di Hotel Royal, Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Stunting masih menjadi persoalan yang perlu diperhatikan dan diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikan Kepala Diklat Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) BKKBN Provinsi Jatim, Ronald Steven Rigo, dalam sosialisasi pengasuhan 1.000 (HPK) dan balita di , Rabu (23/11).

Ia menyampaikan, penurunan angka menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan Peraturan Presiden. Mengingat, berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), prevalensi di Indonesia sebanyak 24,4 persen pada 2021.

Untuk Jawa Timur, prevalensi masih 23,5 persen. Hal tersebut tentu bukan kabar yang baik bagi masyarakat Indonesia. Karena dengan angka tersebut, berarti hampir dari seperempat jumlah generasi bangsa memiliki kualitas yang rendah.

"Angka prevalensi ditargetkan dapat diturunkan menjadi 14 persen di tahun 2024. Diperlukan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat, untuk berperan aktif melakukan upaya percepatan penurunan ," ujarnya.

Menurut Rigo, dapat dicegah melalui pengasuhan yang baik di 1.000 HPK atau bisa disebut . Yakni 270 hari masa dalam kandungan dan 730 hari pasca kelahiran bayi. Jika hal itu bisa diterapkan, kasus dapat ditekan.

"Apabila kita mengabaikan 1.000 , akan berakibat pada rendahnya tingkat kecerdasan seseorang. Secara fisik masih bisa dikejar, tapi secara kognitif sudah terlambat atau sulit untuk dikejar apabila sampai terjadi ," jelasnya.

Untuk mendorong percepatan langkah tersebut, BKKBN melalui () secara masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya ibu hamil. Sosialisasi sebagai bentuk edukasi dan menyadarkan betapa pentingnya untuk turut mencegah , dimulai dari merawat tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan.

"Keluarga merupakan madrasah pertama dan utama bagi anak-anak yang dilahirkan. Kualitas pengasuhan sangat menentukan kualitas generasi penerus," pungkasnya. (yud/bil/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO