Bupati Kediri Dorong Peningkatan Potensi Desa dengan Penghargaan ini

Bupati Kediri Dorong Peningkatan Potensi Desa dengan Penghargaan ini Penganugerahan Desa Wisata Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, mendorong potensi daerah di wilayahnya dengan anugerah desa wisata. Ia berharap, hal tersebut mampu membuat desa di Bumi Panjalu memiliki standar pengelolaan dan dapat meningkatkan daya saing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten , Adi Suwignyo, mengatakan bahwa standar pengelolaan itu utamanya dalam aspek paket wisata yang disuguhkan setiap daerah. Sehingga, kekhasan dan keunikan yang dimiliki dapat menjadi pilihan bagi para pelancong.

“Di mana paket tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dipunyai oleh desa wisata lain maupun perkotaan yang dapat dijual sebagai destinasi wisata,” ujarnya saat Penganugerahan Desa Wisata di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kamis (24/11/2022) malam.

Selain itu, kata Adi, penganugerahan ini untuk memotivasi daerah yang tengah tumbuh untuk berinovasi dalam mengembangkan desa wisata agar terus lahir kreativitas di tengah masyarakat lokal. Kemudian, pembangunan Kabupaten dapat menyentuh lapisan masyarakat desa.

"Yang lebih penting dari pada itu adalah pemberdayaan masyarakat di daerah desa wisata dengan melibatkan warga sekitar akan meningkatkan ekonomi melalui sektor pariwisata. Desa wisata itu tidak harus dimiliki orang-perorang tapi semua komponen masyarakat di desa setempat,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':