Infrastruktur Internet Memadai, Bupati Kediri Dorong Digitalisasi Budaya dan Seni

Infrastruktur Internet Memadai, Bupati Kediri Dorong Digitalisasi Budaya dan Seni Kepala Diskominfo Kabupaten Kediri, Sri Ilham Wahyu Subekti, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab mengoptimalkan infrastruktur internet dan digital, dalam rangka mendorong kemajuan teknologi bagi pelaku seni dan budaya di Bumi Panjalu.

Selain itu, kemampuan pelaku seni dalam memanfaatkan kemajuan dinilai menjadi problematika di Kabupaten saat ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten (DK4), Imam Mubarok.

"Skill hingga pengetahuan budayawan dalam menguasai teknologi dan digitalisasi dewasa ini harus ditingkatkan. Ancaman pelaku seni dan budayawan saat ini adalah digital. SDM yang dimiliki perlu di-upgrade. Yang kedua adalah legalitas. Kita akan beri rekomendasi pada Bupati untuk membantu legalitas seniman dan kebudayaan terkait perizinan,” paparnya.

Dari hal itu, bupati melalui DK4 dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten menggelar diskusi bersama seniman dan budayawan dari berbagai desa dan komunitas di Bumi Panjalu, Senin (28/11/2022).

Menurut Imam, para pelaku seni juga didorong untuk tidak mengedepankan ego sektoral di era digital. Melainkan perlu adanya komitmen untuk bersatu padu membangun majunya kebudayaan di Bumi Panjalu.

Pihaknya menambahkan, hal ini akan terwujud bila disokong dengan fasilitas serta infrastruktur digital dan internet yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kepala Diskominfo nantinya akan membuatkan web. Web ini adalah peta kebudayaan. Jadi semua potensi di sana tinggal klik. Semua data akan muncul di sana,” ujarnya usai mengikuti diskusi bertajuk tantangan dan solusi wajah kebudayaan Kabupaten di era digital.

Dari data DK4, kurang lebih sebanyak 1.760 budaya dan seni sudah terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten . Mereka daftar dan memiliki induk kebudayaan. Nomor induk ini dianggap penting sebagai legalitas terlebih untuk menyambut beroperasinya bandara.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO