Pra Muktamar di Medan, Syaikh Ali Akbar Doakan Gus Solah agar Terpilih Ketua PBNU

Pra Muktamar di Medan, Syaikh Ali Akbar Doakan Gus Solah agar Terpilih Ketua PBNU Gus Solah (dua dari kiri) saat diajak berkeliling oleh Syaikh Ali Akbar (dua dari kanan) di pesantrennya. foto: BANGSAONLINE

MEDAN, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pesantren Al-Azhar Medan, Syaikh Ali Akbar yang jadi tuan rumah acara Pra Muktamar NU ke-33 menyambut hangat KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) ketika hadir ke pesantren tersebut. Syaikh Ali Akbar bahkan terus menuntun tangan Gus Solah sambil membawa keliling pesantren yang diasuhnya.

Syaikh Ali terlihat sangat hormat kepada Gus Solah karena pengasuh Pesantren Tebuireng itu adalah cucu pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari.

Yang menarik, Syaikh Ali Akbar belum tahu kalau Gus Solah calon ketua umum PBNU. Begitu diberi tahu bahwa Gus Solah adalah calon ketua umum PBNU, Syaikh Ali Akbar pun langsung mendoakan agar Gus Solah terpilih sebagai ketua umum PBNU. Ia bahkan berpesan kalau Gus Solah ditakdir memimpin NU nanti pada muktamar NU ke-34 yang diletakkan di pesantren yang diasuhnya.

Sebenarnya keputusan pada Muktamar NU ke 32 di Makasaar, Muktamar NU ke 33 diputuskan di Pesantren Al Kautsar yang diasuh Syaikh Ali Akbar. Bahkan dana sudah siap untuk biaya perhelatan kaum nahdliyin ini.

Tapi dalam Munas, beberapa pengurus NU dari Jawa Timur meminta agar Muktamar NU ke 33 diletakkan di Jombang dengan alasan tempat pendiri NU. PWNU Sumatera Utara pun mengalah karena Jombang adalah daerah pendiri NU terutama Pesantren Tebuireng. Tapi para PWNU terutama luar Jawa kecewa karena ternyata Pesantren Tebuireng nyaris jadi "anak tiri". Bahkan ada upaya Tebuireng tak ditempati Muktamar NU dan mau dipindah ke Pesantren Pacul Gowang milil KH Aziz Manshur yang tak lain ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO