Daewoong Gelar Media Day, Kampanyekan 'Say Pain!'

Daewoong Gelar Media Day, Kampanyekan Kegiatan Media Day dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Indonesia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menurut data Jaringan Organisasi Penyandang , sekitar 42 persen penyandang disabilitas kesulitan menggunakan layanan medis selama pandemi Covid-19 di Indonesia. Mereka di antaranya adalah penyandang disabilitas perkembangan.

Salah satu pembicara Media Day, Rini Sekartini, mengatakan bahwa disabilitas perkembangan adalah kelompok individu yang memiliki keterbatasan dalam perkembangannya. Disebabkan gangguan kognitif atau fisik, atau keduanya, yang muncul sebelum dewasa.

"Menyebabkan individu yang hidup bersamanya mengalami banyak kesulitan dalam bidang kehidupan tertentu, salah satunya dalam komunikasi. Akibat dari kesulitan berkomunikasi, mereka seringkali tidak dapat mengungkapkan gejala penyakitnya dengan baik kepada dokter/apoteker," katanya, Selasa (6/12).

Dari Juni hingga November 2022, Pharmcaeutical, grup perawatan kesehatan global yang berkantor pusat di Korea, menjalankan kampanye “Say Pain!” untuk berkontribusi dalam meningkatkan kondisi medis penyandang disabilitas perkembangan di Indonesia.

Dalam sambutannya, CEO Pharmaceutical, Sengho Jeon mengatakan, kampanye “Say Pain!” membantu penyandang disabilitas perkembangan mengekspresikan gejala penyakitnya sendiri. Serta dapat berkomunikasi dengan dokter/apoteker untuk mendapatkan layanan medis yang tepat.

"Program 'Say Pain!' adalah untuk membantu penyandang disabilitas perkembangan menerima diagnosis/pengobatan yang diperlukan dengan komunikasi yang lancar melalui buku Augmentative and Alternative Communication(AAC)," jelasnya.

Pharmaceutical telah menjalankan program “Say Pain!” sejak 2019, menyumbangkan buku AAC ke rumah sakit, pusat kesejahteraan sosial dan sekolah khusus di Korea, bersama dengan sukarelawan pendidikan untuk penyandang disabilitas perkembangan, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup penyandang disabilitas perkembangan. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO