Pemkab Kediri Optimalkan Pemanfaatan Garasi UMKM

Pemkab Kediri Optimalkan Pemanfaatan Garasi UMKM Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) UMKM di Pare saat ditinjau Tim dari Diskopusmik Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melakukan optimalisasi pemanfaatan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) supaya tidak terbatas sebagai tempat pelatihan. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) Kabupaten , Mamiek Amiyati, mengatakan bahwa keberadaan Garasi  selama ini masih sebatas dijadikan sebagai tempat pelatihan.

Dalam hal ini, Garasi sebagai wadah memfasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembangan produksi dan pengolahan. Termasuk penguatan kualitas produk, kemasan, SDM, manajemen usaha dan keuangan.

"Memang kita belum bisa benar-benar optimal, tapi kita ada pilot project untuk yang di Pare kita buatkan lapak-lapak nanti kita jadikan tempat kuliner untuk teman-teman di Pare," katanya dalam penyampaian program kegiatan 2022 kepada Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, Jumat (9/12/2022).

Menurut dia, selain lapak untuk kuliner, selanjutnya Diskopusmik Kabupaten turut menyiapkan pusat oleh-oleh produk dari terutama di daerah sekitar. Adapun pengelolaannya dilakukan oleh pelaku berdaya.

"Kita arahkan untuk yang anggotanya kebanyakan anak muda, karena kalau anak muda biasanya mereka lebih kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Langkah yang dilakukan Diskopusmik Kabupaten itu menindaklanjuti dorongan bupati yang sebelumnya meminta agar keberadaan Garasi dimaksimalkan pemanfaatannya, karena rumah inkubasi yang sudah ada kadang sepi, kadang terlihat ramai. Sejak 2021, bupati telah mendirikan Garasi di tiga kecamatan, yakni Papar, Pare, serta Grogol.

"Cara memaksimalkannya harus ada lapak-lapak yang disediakan untuk pedagang, kita di gerai inkubasi yang ada di Kabupaten ," pesan bupati. (tia/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO