BPS Jatim Apresiasi Program Operasi Pasar Pemprov

BPS Jatim Apresiasi Program Operasi Pasar Pemprov Suasana operasi pasar yang digelar Pemprov Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Langkah Pemprov Jatim untuk menekan laju inflasi akibat kenaikan harga BBM dengan menggelar program sejak akhir September lalu mendapat apresiasi. Jatim menganggap strategi pemerintah daerah setempat merupakan yang terbaik.

"Pemerintah provinsi hadir di tengah masyarakat. Operasi pasar mampu menghambat laju inflasi. Pada Oktober lalu, kelompok bahan makanan, minuman, dan tembakau justru mengalami deflasi. Harganya terjangkau," kata Kabid Statistik Distribusi Jatim, Umar Sjaifudin. Senin (19/12/22).

Menurut dia, bahan pokok merupakan elemen yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh sebab itu, adalah kebijakan yang solutif dan dibutuhkan masyarakat dengan nilai manfaatnya besar serta tepat sasaran.

Ia pun mengapresiasi konsep yang melibatkan pedagang untuk menghindari aksi oknum yang mengambil untung. Biasanya, digelar mandiri pada tempat tertentu dengan harapan pembeli adalah masyarakat. 

Namun, kata Umar, tak jarang banyak pedagang memanfaatkan dengan turut membeli dan menjualnya kembali dengan harga pasar. Saat ini, pedagang tidak bisa melakukan itu dan Pemprov Jatim mengajak mereka untuk bekerja sama.

"Dengan begitu, pedagang mendapat kesempatan membeli bahan pokok di bawah harga pasar. Lalu menjual dengan ketentuan harga eceran tertinggi. Fungsi kolaborasi terwujud. Harga jual di tingkatan pedagang juga stabil," paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Perekonomian Pemprov Jatim, Iwan, menyambut positif apresiasi tersebut. Ia mengatakan bahwa  digelar pada 25 titik setiap akhir pekan dan di luar kegiatan ini, produk bisa didapat dari pedagang yang sudah bekerja sama.

"Konsep ini merupakan pemerataan sehingga bisa tepat sasaran. Pemerintah provinsi melalui program menyuplai bahan pokok dengan harga di bawah pasar. Stok yang disediakan cukup besar. Stok bahan pokok tersebut aman hingga akhir tahun ini," ujarnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO