Cegah Konflik Antarpesilat, Pemkot Kediri Jalin Komunikasi dengan 15 Perguruan

Cegah Konflik Antarpesilat, Pemkot Kediri Jalin Komunikasi dengan 15 Perguruan Para pengurus perguruan silat di Kota Kediri saat foto bersama usai diskusi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Konflik antarperguruan silat yang sempat terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten , membuat pemerintah kota ikut merasa khawatir.  Dalam rangka mengantisipasi hal tersebut terulang, Pemkot menjalin komunikasi dengan para perguruan silat di , Selasa (10/1/2023).

Bertempat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota kegiatan ini setidaknya diikuti 15 perguruan silat di , yakni GASMI, Persinas ASAD, Merpati Putih, Tapak Suci, IKSPI Kera Sakti, PSH Terate, Pagar Nusa, Perisai Diri, Porsigal, Pandan Alas, Jiwa Suci, Waspada, Astha Dahana, Cipta Sejati, dan Macan Putih.

Kepala Kesbangpol Kota , Bagus Hermawan, mengatakan bahwa lewat forum komunikasi antara pemerintah daerah setempat, Polri, TNI, IPSI, dan para pengurus perguruan silat di ini, pihaknya ingin mendorong para perguruan silat untuk mempererat silaturahmi dan meminimalisir eksklusifitas.

"Momen ini bukan ajang untuk saling menyalahkan dan mencari pembenaran terhadap satu kelompok/perguruan tertentu, melainkan sebagai sebuah media untuk menjalin komunikasi, mempererat persaudaraan antar perguruan dan pesilat, sehingga tidak perlu lagi ada konflik-konflik yang dapat memecah belah," ujarnya.

Meskipun gesekan antar perguruan silat hampir tidak pernah terjadi di Kota , kata Bagus, namun memastikan keamanan tersebut tetap terjaga perlu kita lakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Lebih lanjut, dalam diskusi ini mayoritas peserta diskusi mengusulkan pembentukan forum komunikasi dan kerukunan antar perguruan silat di . Hal ini dirasa perlu guna meminimalisir gesekan-gesekan yang mungkin muncul akibat miss komunikasi.

Menanggapi usulan tersebut, Bagus menyambut baik etikat baik yang ingin dibangun oleh para pengurus perguruan silat di itu. Ia beranggapan bahwa hal ini memang dirasa perlu guna mempererat persaudaraan antar perguruan.

"Hal inilah yang kami harapkan, peran aktif dari masing-masing perguruan untuk mengedepankan kerukunan dan meminimalisir pergesekan. Dengan demikian kondusivitas dapat tercipta dan keamanan terus terjaga. Mari kita lestarikan pencak silat ini sebagai warisan budaya, seni bela diri asli Indonesia. Kita hiasi dengan prestasi-prestasi yang membanggakan," tuturnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO