Hari Gizi Nasional 2023, Simak Cara Cegah Stunting Pada Anak

Hari Gizi Nasional 2023, Simak Cara Cegah Stunting Pada Anak Hari Gizi Nasional 2023, Simak Cara Cegah Stunting Pada Anak. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Gizi Nasional (HGN) Tahun 2023 mengusung tema Protein Hewani Cegah Stunting. Tema HGN tersebut diharapkan dapat menjadi ajakan kepada masyarakat untuk mencegah stunting pada pertumbuhan anak.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita dikarenakan kurangnya asupan gizi yang tidak kuat. Selain itu disebabkan oleh infeksi berulang atau karena kurangnya stimulasi asupan gizi.

Stunting dapat menyebabkan efek jangka panjang yakni anak tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang rendah, prestasi belajar yang tidak baik, tumbuh kembang tidak maksimal atau bahkan sakit-sakitan.

Perbedaan yang mendasar balita normal dan stunting ialah terlihat dari tinggi badan. Balita stunting terlihat lebih pendek dari balita seusianya.

Stunting dapat dicegah dengan memberikan gizi yang cukup saat masa ibu hamil hingga menyusui.

Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur mengimbau masyarakat untuk mencegah stunting dengan mengonsumsi protein hewani pada ibu hamil dan menyusui. Beberapa protein hewani yang dapat dikonsumsi seperti daging, ikan, telur, dan susu.

Protein hewani mengandung zat gizi lengkap, mulai asam amino, vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':